Tips YLKI Agar Masyarakat Terhindar dari Pemakaian Produk Oli Palsu
Terbaru

Tips YLKI Agar Masyarakat Terhindar dari Pemakaian Produk Oli Palsu

Selain menerapkan sanksi yang tegas kepada pelaku, YLKI meminta pemerintah untuk melakukan edukasi kepada konsumen terkait keaslian oli.

Fitri Novia Heriani
Bacaan 3 Menit
Tips YLKI Agar Masyarakat Terhindar dari Pemakaian Produk Oli Palsu
Hukumonline

Pada April lalu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menemukan pelumas atau oli palsu untuk kendaraan bermotor di Tangerang, Banten. Temuan tersebut mengungkapkan bahwa oli palsu diproduksi untuk beberapa merek ternama, dengan nilai mencapai Rp16,5 miliar yang terdiri dari 1.153 drum pelumas dan 196.734 botol.

Pada awal Juni lalu, Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri mengungkap komplotan produsen oli palsu di Jawa Timur, sudah beroperasi sejak tahun 2020, dalam sebulan memiliki omzet sekitar Rp20 miliar. Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dir Tipiter) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Hersadwi Rusdiyono dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Kamis, mengatakan dalam pengungkapan tersebut ada lima pelaku ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka.

“Tersangka yang kami amankan ada lima, AH, AK, FN, AL alias TOM dan AW,” kata Hersadwi, dilansir dari Antara.

Baca Juga:

Ia menjelaskan para tersangka memproduksi oli tidak sesuai standar dan memasarkannya ke sejumlah agen dan distributor oli di seluruh Indonesia. Setiap tersangka memiliki peran masing-masing, seperti tersangka AH, AK dan FN merupakan pemilik usaha, sedangkan AL alias TOM dan AW, masing-masing bertugas di bagian operasional. Tersangka juga membuat kemasan botol oli dan kardus mirip dengan merek-merek oli yang diproduksi oleh produsen resmi, seperti AHM, Yamalube, Mesran, Federal, dan oli produksi Pertamina.

Dalam pengungkapan tersebut, penyidik mengamankan sejumlah barang bukti dan menyegel sembilan gudang oli milik tersangka yang berada di tiga kawasan di wilayah Gresik, Jawa Timur. Barang bukti yang disita terdiri atas produksi siap edar (35.730 botol oli mesin motor siap edar berbagai jenis dan berlabel merk ternama, dan 1.203 oli mesin mobil dari berbagai jenis dan label merk terkenal), kemasan botol dan tutup botol kosong (397.389 buah botol kosong dan 284.530 tutup botol oli), dan mesin produksi (tiga unit mesin blending untuk pengolahan oli.

Merespons maraknya oli palsu, Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tubagus Haryo Karbyanto menyampaikan beberapa rekomendasi bagi masing-masing pihak, baik itu konsumen, produsen atau pelaku usaha maupun pemerintah. Pertama, bagi Konsumen. YLKI mengimbau konsumen melakukan pembelian dari sumber terpercaya.

Tags:

Berita Terkait