Tren PKPU Naik, Pelaku Usaha Diharap Tetap Optimis Hadapi 2024
Terbaru

Tren PKPU Naik, Pelaku Usaha Diharap Tetap Optimis Hadapi 2024

Di tengah merangkaknya pengusaha dalam mengembalikan perusahaan ke situasi semula pasca pandemi, ke depan prospek dunia usaha diyakini akan lebih baik.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Tren PKPU Naik, Pelaku Usaha Diharap Tetap Optimis Hadapi 2024
Hukumonline

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meminta para pengusaha optimis menatap perekonomian di tahun 2024. Wakil Ketua Umum Bidang Pengembangan Otonomi Daerah KADIN, Sarman Simanjorang, mengimbau pelaku usaha terus berinovasi dan berkreativitas menghadapi perekonomian dunia yang tidak menentu.

Menurut Sarman, para pengusaha harus lebih agresif mencari pangsa ekspor baru dan diharapkan ekspor Indonesia dapat tumbuh positif di tahun 2024. KADIN turut melihat bahwa saat ini kepercayaan investor cukup tinggi selama proses pemilu berjalan aman dan damai.

“Kemudian yang tidak kalah penting, kita harapkan pemerintah betul-betul merealisasikan anggaran belanja APBN maupun APBD untuk menggerakan ekspor usaha lainnya. Khususnya seperti komitmen Presiden Jokowi untuk mengutamakan produk dalam negeri,’’ kata dia kepada Hukumonline, Rabu (20/12).

Baca Juga:

Saat ini, kata Sarman, masih banyak perusahaan-perusahaan yang berjuang akibat dari pandemi Covid-19. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah permohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) yang diajukan pengusaha di pengadilan niaga.

Namun, di tengah merangkaknya pengusaha dalam mengembalikan perusahaan ke situasi semula, Sarman melihat ke depan prospek dunia usaha akan lebih baik.

“Saat ini masih banyak perusahaan yang terdampak dari pandemi, dan pengusaha Indonesia melakukan pinjaman itu suatu yang wajar dengan harapan bisa diresapi dengan positif oleh pemerintah,’’ ujar Sarman.

Tags:

Berita Terkait