Wajah Kantor Hukum di Luar Jakarta
Road to Top 100 Indonesian Law Firms 2023

Wajah Kantor Hukum di Luar Jakarta

Serial artikel ini menggambarkan eksistensi, kondisi, dan dinamika sejumlah kantor hukum di luar Jakarta sekaligus memperkenalkan jajaran kantor hukum mereka.

Oleh:
Rofiq Hidayat
Bacaan 2 Menit
Wajah Kantor Hukum di Luar Jakarta
Hukumonline

Mungkin sebagian kalangan berpikir praktik pemberian jasa hukum oleh kantor hukum terkesan hanya bisa berkembang di ibu kota negara, Jakarta. Padahal, faktanya bisnis pemberian jasa hukum di luar Jakarta atau di daerah-daerah tertentu juga memiliki prospek. Kata lain, praktik layanan jasa hukum di luar Jakarta atau kota-kota besar di Indonesia sudah menjadi ladang industri yang mendatangkan income bagi kalangan advokat dan turut menopang sektor perekonomian di kota-kota tersebut. 

Hukumonline mencatat ada puluhan firma hukum (law firm) di luar Jakarta yang eksis bertahun-tahun dan sukses menjalankan praktik jasa hukum di kota-kota besar, seperti di kota Surabaya, Semarang, Bandung, Bali, Lampung, Jepara, Tangerang, dan daerah lain. Di Kota Surabaya, misalnya, ada Hendrik Harsono Njoto Law Firm; Kantor Hukum Hufron dan Rubaie; Mulya Mulia & Partner Law Firm; LDN Ernest Law Firm; dan lain-lain.  

Baca Juga:

Bahkan, konon ada kantor hukum di Surabaya yang disebut-sebut memiliki sejarah panjang lantaran didirikan sejak 1967. Kantor hukum yang dimaksud Marcus Sajogo & Associates (MS&A) Law Firm yang dalam perkembangannya para alumninya sukses mendirikan kantor hukum baru di Kota Pahlawan itu.  

Selain itu, di Bali ada Dirga Putra Corporate Legal Service; RAH The House of Legal Experts, hingga Kantor Hukum Togar Situmorang & Associates. Sementara Bandung ada Kantor Hukum Anggaraksa. Ada pula beberapa kantor hukum besar di Jakarta yang membuka cabang di Surabaya, Bali, dan kota lainnya. Seperti, Kantor Hukum Assegaf Hamzah & Partners (AHP), Fifi Lety Indra & Partners (FLI Law Firm), Guido Hidayanto & Partners (GHP Law Firm).   

Untuk itu, dalam rangka menuju ajang pengumuman hasil survei pemeringkatan kantor hukum Indonesia atau “Road to Top 100 Indonesian Law Firms 2023” pada Juni 2023 mendatang, Hukumonline mengulas serial artikel yang menggambarkan eksistensi, kondisi, dinamika sejumlah kantor hukum di luar Jakarta sekaligus memperkenalkan jajaran kantor hukum mereka. Dengan harapan artikel serial ini dapat menambah literasi perkembangan kantor hukum di tanah air.

Selamat membaca!

Tags:

Berita Terkait