Hukumonline Top 100 Indonesian Law Firms 2023, Pastikan Ikuti Surveinya!
Top 100 Indonesian Law Firms 2023

Hukumonline Top 100 Indonesian Law Firms 2023, Pastikan Ikuti Surveinya!

Aspek penilaian survei pemeringkatan Top 100 Indonesian Law Firms 2023 ini juga akan melihat aspek publikasi, penghargaan, dan contoh perkara yang ditangani kantor hukum selama 1 tahun terakhir selain jumlah fee earners.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
Hukumonline Top 100 Indonesian Law Firms 2023, Pastikan Ikuti Surveinya!
Hukumonline

Memasuki tahun keenam, Hukumonline kembali menggelar pemeringkatan Top 100 Indonesian Law Firms. Sebagai upaya mengenalkan jajaran konsultan hukum di Indonesia, ajang bergengsi tahunan ini menghadirkan sejumlah kategori yang kurang lebih sama dengan kategori di tahun sebelumnya. Seperti pemeringkatan kantor hukum litigasi, non-litigasi, full service, hingga rising star.

Hanya saja, terdapat perbedaan signifikan dibanding tahun sebelumnya dalam hal metode penilaian Top 100 Indonesian Law Firms 2023 ini. Pada tahun 2023, penilaian yang dilakukan tak hanya sebatas mengukur dari angka fee earners atau jumlah advokat di kantor hukum. Akan tetapi, dilihat juga dari segi publikasi, penghargaan, dan contoh perkara yang ditangani kantor hukum selama periode 1 Februari 2022 sampai dengan 31 Januari 2023.

Baca Juga:

Untuk riwayat pekerjaan yang akan dijadikan aspek penilaian berkaitan dengan pekerjaan litigasi, non litigasi, dan practice area. Selain melalui riwayat pekerjaan, juga akan dilihat aspek publikasi kantor hukum melalui media Hukumonline. Aspek publikasi ini memuat beberapa sub indikator.

Antara lain, pertama, tentang pemberitaan atau artikel kantor hukum. Kedua, tentang penghargaan yang diperoleh kantor hukum selama 1 tahun ke belakang atau terakhir. Ketiga, kontribusi kantor hukum pada klinik hukum. Keempat, kepersertaan kantor hukum dalam mengikuti seminar dan pelatihan baik sebagai narasumber maupun peserta.

Dengan kata lain, publikasi dimaksud sebagai bentuk gambaran bagaimana suatu kantor hukum dapat meningkatkan literasi atau ilmu pengetahuan di internal maupun keluar (kepada masyarakat). Meski begitu jumlah fee earners tetap akan dipergunakan sebagai salah satu aspek penilaian untuk pemeringkatan. Nantinya, setiap aspek penilaian memiliki bobot yang berbeda bergantung pada kategori penghargaan.

Hukumonline juga akan melibatkan tim penjurian dari berbagai latar belakang. Juri yang dihadirkan nantinya berasal dari berbagai kalangan mulai dari praktisi, akademisi, dan lain-lain. Para juri akan menilai aspek penilaian khusus Riwayat pekerjaan yang ditangani kantor hukum selama satu tahun ke belakang.

Patut dicatat, menjadi kebijakan baru dalam pengisian kuesioner ialah setiap responden yang mewakili kantor hukumnya, wajib menyertakan informasi yang telah disetujui dan diketahui pimpinan kantor hukum. Surat pernyataan kebenaran data dapat diunggah responden kantor hukum pada akhir pengisian kuesioner.

Perihal teknis pengisian kuesioner akan dilakukan secara online. Dengan disebarkan melalui e-mail atau bisa disimak melalui laman ranking.hukumonline.com. Rencananya kuesioner akan dibuka per tanggal 2 Februari sampai dengan 17 Maret 2023 pukul 24.00 WIB. Bila Anda memiliki pertanyaan lengkap kuesioner dapat menghubungi [email protected] atau 087776462785.

Tags:

Berita Terkait