Bukan Buruh, Hakim Diminta Jangan Mogok
Aktual

Bukan Buruh, Hakim Diminta Jangan Mogok

ant
Bacaan 2 Menit
Bukan  Buruh, Hakim Diminta Jangan Mogok
Hukumonline

Ketua Mahkamah Agung (MA) M Hatta Ali masih berharap kalangan hakim yang mengancam mogok tidak mewujudkan niatnya. Menurut Hatta, aksi mogok hanya akan menimbulkan kerugian, khususnya pencari keadilan.

"Jangan mogok karena yang dirugikan bukan pemerintah, tapi pencari keadilan. Apa boleh buat, kalau mogok akan kita jatuhkan sanksi," kata Hatta di Surabaya, Jumat (25/5).

Dikatakan Hatta, mogok tidak perlu dilakukan karena MA telah membentuk tim kecil yang akan merumuskan konsep peningkatan kesejahteraan hakim.

"Tim itu akan membahas gaji hakim yang lain, termasuk transportasi, akomodasi, dan sebagainya, karena itu kalau para hakim mogok justru akan membuat tim menjadi tidak respek," katanya.

Dia menambahkan bahwa hakim tidak sama dengan buruh yang sering berdemo. Ketimbang demo, lanjut Hatta, lebih baik masing-masing berdebat memperjuangkan konsep mereka masing-masing.

"Kita bukan buruh yang suka mogok, tapi kita adalah intelektual yang siap perang konsep. Memang, hakim pernah mogok pada tahun 1956, tapi mereka akhirnya berhenti dengan sendirinya, karena diprotes masyarakat," katanya.

Tags: