RUU PSDA Diharapkan Sinergi dengan UU PPLH
Berita

RUU PSDA Diharapkan Sinergi dengan UU PPLH

Caranya bisa dengan membedah UU PPLH oleh seluruh stakeholder terkait, jika ada konteks yang belum sempurna bisa menjadi masukkan untuk RUU PSDA.

Oleh:
FAT
Bacaan 2 Menit
Foto: RES
Foto: RES

Rencana pemerintah yang ingin membahas RUU Pengelolaan Sumber Daya Alam (PSDA) diharapkan dapat sinergi dengan UU No. 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (PPLH). Hal tersebut diutarakan oleh Deputi Tata Ruang Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Imam Hendargo A Ismoyo kepada hukumonline di Jakarta, Jumat (5/12). 

Menurutnya, perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup berkaitan dengan perlindungan terhadap sumber daya alam. Atas dasar itu, substansi di RUU PSDA wajib sinergi dengan UU PPLH. "Sumber daya alam konteksnya kepada sumber daya yang dimanfaatkan. Kan dalam UU PPLH itu dari perencanaan sampai penegakan hukum ada," kata Imam. 

Sejumlah substansi dalam UU PPLH juga menyangkut mengenai perencanaan terhadap sumber daya alam. Misalnya, wiilayah sumber daya alam mana yang harus dicadangkan hingga wilayah mana yang tidak bisa lagi dimanfaatkan. Klausul-klausul ini bisa disempurnakan lebih baik lagi melalui RUU PSDA atau bisa disempurnakan melalui revisi UU PPLH. 

"Apakah manfaatkan saja UU PPLH, dioptimasikan, untuk bisa menjaga dan juga memanfaatkan dan memperhatikan daya tampung sumber daya alam yang ada di wilayah itu," kata Imam. 

Ia mengatakan, substansi yang terdapat di UU PPLH selama ini belum seluruhnya dioptimalkan. Atas dasar itu, Imam mengusulkan agar sebelum pembahasan RUU PSDA, seluruh stakeholder yang terkait melakukan bedah terhadap UU PPLH. Jika ada ada konteks yang belum sempurna dalam UU PPLH bisa menjadi masukkan untuk RUU PSDA. 

"Tentunya dibutuhkan persepsi yang sama buat teman-teman membahas PSDA. Karena sebagian sudah dimasukkan ke dalam UU PPLH itu. jadi itu yang kita harapkan adanya pemahaman bersama dulu," tutur Imam. 

Dalam draf Prolegnas tahun 2015-2019 inisiatif pemerintah, setidaknya ada empat kementerian yang menjadi pemrakarsa RUU PSDA ini. Keempatnya adalah Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Kehutanan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).  RUU ini bersifat kodifikasi terbuka dengan pengaturan parsial.

Tags:

Berita Terkait