Permintaan Maaf Diterima, Siswa Penganiaya Guru Bebas dari Dakwaan
Berita

Permintaan Maaf Diterima, Siswa Penganiaya Guru Bebas dari Dakwaan

Korban secara berbesar hati memaafkan tindak pidana penganiayaan yang dilakukan muridnya dan menyerahkan terdakwa kepada orang tuanya.

ANT/Mohamad Agus Yozami
Bacaan 2 Menit
Ilustrasi: BAS
Ilustrasi: BAS
Memaafkan adalah sifat yang mulia. Itulah yang dilakukan Dasrul (52) seorang guru di Makassar yang telah dianiaya oleh muridnya sendiri MA (16). Ya, terdakwa kasus penganiayaan guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Makassar, MA  akhirnya dibebaskan dari segala dakwaan jaksa penuntut umum (JPU) setelah korbannya Dasrul  sepakat melakukan diversi.

"Jadi diversi itu adalah pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana sesuai Pasal 1 angka 7 UU No.11 Tahun 2012 tentang Peradilan Anak," kata JPU Kejari Makassar Rustiani Muin di Makassar, Selasa (6/9).

Dia mengatakan, sebelum kasusnya dilanjutkan ke pengadilan umum, pihaknya punya kewajiban menjalankan aturan perundang-undangan tentang peradilan anak, di mana kedua belah pihak dipertemukan.

Korban Dasrul guru dari MA yang juga muridnya di sekolah itu dipertemukan oleh jaksa dan penasehat hukum terdakwa untuk membahas solusi atas perkara tersebut.

Korban yang dipertemukan dengan terdakwa selama satu jam dan secara berbesar hati memaafkan tindak pidana penganiayaan yang dilakukan muridnya itu dan menyerahkan terdakwa kepada orang tuanya.

"Ini bapak (korban) sudah memaafkan tersangka dan meminta agar MA dikembalikan ke orang tuanya. Dia juga tidak meminta konpensasi atas luka yang dialaminya," katanya.

Menurut Rustiani, upaya hukum terhadap tersangka tinggal menunggu penetapan Ketua Hakim Pengadilan Negeri Makassar atas hasil diversi tersebut. (Baca Juga: Guru Pukul Murid dan Ortu Murid Aniaya Guru, Keduanya Bisa Dijerat Pasal Ini)

"Hari Kamis, akan dibuatkan surat pernyataan oleh ketua pengadilan. Surat pernyataan itu akan dijadikan dasar untuk membebaskan tersangka dari segala dakwaan," bebernya.

Kuasa hukum tersangka MA, Abdul Gafur menyampaikan ucapan terima kasihnya atas sikap Dasrul selaku korban karena mau memaafkan kliennya sehingga proses hukum tidak sampai ke pengadilan.

"Kami dari penasehat hukum sangat salut dengan Pak Dasrul karena mau memaafkan MA. Dan saya juga salut karena pernyataan Dasrul yang mengatakan bahwa Dasrul juga adalah orang tua terdakwa di sekolah," ucapnya.

Tags:

Berita Terkait