Senin, 08 July 2019

ILUNI UI Sumbangkan Lebih dari Setengah Miliar Lewat BNI UI Half Marathon

Disumbangkan untuk program Dana Abadi UI.
Normand Edwin Elnizar
Ketua ILUNI UI (paling kiri) dan Sekjen ILUNI UI (kanan kaos hitam) berfoto bersama beberapa pemenang dalam BNI UI Half Marathon 2019, Minggu (7/7). Foto: NEE

Ajang lomba lari BNI UI Half Marathon 2019 sukses digelar, Minggu (7/7) kemarin. Sekretaris Jenderal Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI), Andre Rahadian mengatakan bahwa kontribusi BNI UI Half Marathon bagi dana abadi UI selama tiga kali penyelenggaraan telah mencapai lebih dari setengah miliar rupiah.

 

“Alhamdulillah dari segi pelaksanaan tambah bagus, biasanya kami mencari peserta, sekarang sudah mulai menolak calon peserta,” katanya berseloroh kepada hukumonline usai acara penutupan. Ia menyebutkan total yang disumbangkan ILUNI UI untuk dana abadi UI sebanyak Rp750 juta.

 

BNI UI Half Marathon tahun 2019 mengumpulkan tidak kurang dari 4000 peserta. Mereka telah memenuhi area Universitas Indonesia kampus Depok untuk berlomba pada jarak tempuh 5K, 10K, dan 21K sejak subuh. BNI UI Half Marathon pertama kali digelar tahun 2017 lalu oleh ILUNI UI.

 

Tujuan awal acara ini adalah sarana mempererat ikatan sesama alumni UI lewat ajang lomba lari di area kampus. Itu sebabnya sejak awal diselenggarakan selalu disertai penggalangan dana abadi pendidikan untuk Universitas Indonesia. Dilansir dari laman UI, Dana Abadi UI adalah suatu program penghimpunan dana yang diinvestasikan lewat Bank BNI. Hasil investasinya akan dimanfaatkan untuk membantu pengembangan pendidikan dan pembelajaran yang berlangsung di UI.

 

Fasilitas pengembangan pendidikan tersebut antara lain buku, perpustakaan, laboratorium, komputer, dll. Termasuk pula pembiayaan sarana fisik (gedung dan sarana lainnya), pemberian beasiswa (bagi mahasiswa berprestasi dan atau kurang mampu, staf pengajar, karyawan), dan sebagian lagi untuk penitip/pemilik dana.

 

Lomba lari ini juga semakin mempromosikan kampus hijau UI Depok sebagai ruang terbuka bagi masyarakat. Suasana asri hutan kota di dalam lingkungan kampus UI memberikan kenyamanan untuk berbagai aktifitas menyehatkan seperti olah raga.

 

Wisaksono Soegandhi, Ketua Pelaksana BNI UI Half Marathon 2019 menyebutkan tingginya minat peserta di tahun 2019. “Tahun 2017 itu 2700 tiket laku dalam 3 bulan, 2018 ada 3600 hampir dalam 3 bulan juga, tahun ini terjual 4800 dalam waktu 8 hari,” kata pria yang akrab disapa Nongki ini.

 

Baca:

 

Nongki juga menjelaskan, peningkatan nilai kontribusi investasi dari BNI UI Half Marathon selama tiga tahun berturut. “Pada 2017 itu terkumpul 200 juta, 2018 itu 250 juta, tahun ini ada 300 juta,” ujarnya.

 

Terlihat sejumlah bazaar menyemarakkan area BNI UI Half Marathon 2019 dilengkapi panggung pertunjukkan musik. Masih ramai peserta berkumpul usai berlari hingga menjelang penutupan pukul 10 pagi. Padahal rata-rata mereka telah datang ke lokasi sejak pukul 5 subuh. Para peserta ajang lari ini tampaknya sangat menikmati rangkaian acara yang disajikan.

 

Andre mengatakan bahwa BNI UI Half Marathon menjadi salah satu program yang sukses diselenggarakan ILUNI UI di masa kepengurusan 2016-2019. Andre dan Ketua Umum ILUNI UI, Arief Budhy Hardono telah membuat kesepakatan bersama Bank BNI untuk kembali menyelenggarakan BNI UI Half Marathon selama tiga tahun ke depan.

 

“Jumlahnya juga disetujui. Ini sudah jadi salah satu brand UI, barusan juga Pertamina bilang akan ikut, berarti ada tambahan lagi,” ujarnya sambil berseloroh. Andre menyebutkan bahwa ajang lari ini pun berhasil membuat sejumlah komunitas lari per fakultas berkumpul bersama. Hasilnya adalah terbentuk komunitas UI Runners sejak BNI UI Half Marathon diselenggarakan.

 

Elizabeth Silalahi, koordinator dari komunitas FHUI Runners mengungkapkan kepuasannya atas penyelenggaraan BNI UI Half Marathon. “Overall everyone happy,” katanya kepada hukumonline.

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua