Pansel Capim KPK Klaim Sudah Kantongi Sejumlah Nama Terbaik
Berita

Pansel Capim KPK Klaim Sudah Kantongi Sejumlah Nama Terbaik

Pada 2 September 2019, Pansel Capim KPK akan menyerahkan 10 nama ke Presiden sesuai UU KPK. Selanjutnya, DPR akan menentukan 5 nama terpilih setelah menggelar uji kepatutan dan kelayakan.

Oleh:
Agus Sahbani/ANT
Bacaan 2 Menit
Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih didampingi anggota pansel saat mengumumkan hasil tes psikologi di gedung Sekretariat Negara Jakarta, Senin (5/8) lalu. Foto: RES
Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih didampingi anggota pansel saat mengumumkan hasil tes psikologi di gedung Sekretariat Negara Jakarta, Senin (5/8) lalu. Foto: RES

Panitia Seleksi Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Pansel Capim KPK) periode 2019-2023 berencana menyerahkan 10 nama kepada Presiden Joko Widodo pada 2 September 2019 mendatang.

 

"Tanggal 2 (September 2019) kita ke Presiden seperti yang kita sudah rencanakan sejak awal," kata Ketua Pansel Capim KPK Yenti Ganarsih di gedung Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Jakarta, Jumat (9/8/2019) seperti dikutip Antara.

 

Yenti menyampaikan hal tersebut usai membuka ujian profile assesment (tes penilaian kepribadian) yang berlangsung pada 8-9 Agustus 2019 di gedung Lemhanas Jakarta yang diikuti 40 capim KPK. "Bagi kami profile assesment ini bagaimana mendapatkan kondisi psikologi dan manajerial, misalnya bagaimana dia me-manage, lalu ada leadership, independency, akuntabilitas, integritas, decision making," kata Yenti.

 

Profile assesment ini merupakan kelanjutan tes psikologi yang dilakukan pada 28 Juli 2019 terhadap 104 capim KPK. Namun, berdasarkan hasil yang diumumkan Pansel pada 5 Agustus 2019 kemarin, hanya ada 40 kandidat yang lolos seleksi dan dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya. 

 

"Kemudian (tes psikologi) kemarin ada mengenai kesehatan jiwa, jadi hari ini apa yang kemarin tertulis ada yang disimulasikan, dipaparkan. Kita pansel walau bukan psikolog, tapi hal itu terbayang dan pernah dilakukan pansel-pansel yang lalu," lanjut Yenti.

 

Hasil dari profile assesment ini akan keluar pada 22 Agustus 2019. "Insya Allah selesai tanggal 22 Agustus 2019. Sore atau malam itu juga kita rapatkan di situ dan Insya Allah pada 23 Agustus walau malam kita umumkan, semoga, karena belum bisa dipastikan karena tidak terlepas dari hasil ini," ungkap Yenti. Baca Juga: Lulus Tes Psikologi, Capim KPK Bakal Jalani Tes Kepribadian

 

Setelah ini, para kandidat yang lolos akan melakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto pada 26 Agustus 2019. "Kita sudah pesan ke RSPAD tanggal 26 Agustus untuk yang lulus melakukan tes kesehatan. Kemudian 27-30 Agustus kita wawancara dan yaitu uji atau diskusi publik. Mudah-mudahan pada 31 Agustus hingga 1 September kita rapat dan selesai," jelasnya.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait