Sabtu, 04 April 2020

Bencana Covid-19, Sejumlah Law Firm Global Potong Gaji Hingga Putuskan Hubungan Kerja

Langkah antisipasi untuk bertahan di tengah kondisi tidak pasti.
Norman Edwin Elnizar
Ilustrasi pemotongan gaji advokat global. Ilustrator: BAS

Ancaman sesungguhnya dari wabah Covid-19 mulai menghantam industri jasa hukum. Kondisi bisnis yang tidak menentu membuat sejumlah law firm di dunia memangkas pengeluaran. Mulai dari memotong gaji para fee earners hingga memutus hubungan kerja personel kantor. Baik associate maupun partner sama-sama menghadapi ketidakpastian. Berikut informasi yang hukumonline himpun dari berbagai sumber media massa asing.

Dilansir dari law.com, Allen & Overy salah satu yang baru saja mengambil  kebijakan penyelamatan bisnisnya. Pendapatan level partner dipotong untuk mendukung keuangan firma. Sedangkan associate dan staf tidak akan menerima kenaikan gaji tahunan.

Firma hukum asal Inggris ini akan mencicil pembayaran bonus tahunan associate dan staf sebanyak dua kali. Separuh pertama pada bulan Juli dan selanjutnya direncakanan pada bulan Oktober tahun ini. Sejumlah rekrutmen personel ditangguhkan seperti juga berbagai acara yang ditunda.

(Baca juga: Ragam Inovasi Law Firm Hadapi Tantangan Bisnis Jasa Hukum).

Juru bicara Allen & Overy mengatakan kondisi keuangan mereka dalam keadaan sangat baik untuk sekarang. Mereka juga yakin mampu bertahan jika kondisi perekonomian dunia memburuk. Langkah penghematan dini dilakukan sebaga upaya bijaksana. “Bisa dipahami untuk mengambil langkah pengendalian terukur sebagai perencanaan kami saat ini,” katanya.

Reed Smith dikabarkan akan memotong pendapatan bulanan sebesar 40 persen untuk equity partner selama lima bulan ke depan.  Pada saat yang sama nonequity partners akan dipotong 15 persen selama tiga bulan ke depan.

“Kami pikir ini pilihan bijaksana untuk menghadapai kondisi tidak pasti secara global,” kata juru bicara Reed Smith. Berkantor pusat di Amerika Serikat, tahun 2019 lalu Reed Smith tercatat memiliki 660 partners yang tersebar di berbagai negara. Jumlah ini meliputi 280 equity partners dan 380 nonequity partners.

Cadwalader Wickersham & Taft bahkan mengorbankan pendapatan para partner dan senior counsel. Mereka belum tentu akan dibayar selama empat bulan ke depan. Sedangkan penghasilan para associate akan dipotong sebesar 25 persen. Para staf administratif senior yang gajinya lebih dari $100,000 juga dipotong 25 persen. Staf lainnya akan dipotong gaji sebesar 10 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua