Rabu, 13 Mei 2020

UMKM Bisa Konsultasi Hukum Gratis Terkait Covid-19, Ini Daftar Advokatnya

Hampir 100 advokat yang terdaftar.
Moch. Dani Pratama Huzaini
Acara lawyers meeting terkait pemberian konsultasi hukum gratis kepada UMKM dan koperasi yang terdampak Covid-19 di Jakarta, Senin (11/5). Foto: RES

Pandemi Covid-19 menghantam dunia usaha. Sektor yang paling terdampak adalah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Koperasi. Hal ini mengakibatkan tidak sedikit UMKM dan Koperasi yang harus berurusan dengan hukum. Ada tiga persoalan hukum yang paling sering dihadapi UMKM dan Koperasi selama pandemi, ketenagakerjaan, hutang piutang, serta pembatalan kontrak.

Untuk itu, Kementerian Koperasi dan UMKM menggandeng anak perusahaan Hukumonline Group, Justika.com melalui platform online-nya untuk mendampingi secara gratis UMKM dan Koperasi ketika berhadapan dengan hukum. Hal ini untuk memudahkan akses UMKM dan Koperasi kepada para advokat.

Co Founder Hukumonline Group, Akhmad Fikri Assegaf, mengungkapkan kendala yang dihadapi UMKM adalah akses terhadap advokat yang masih terbatas serta kesenjangan biaya jasa hukum yang terlampau tinggi sehingga sering menyulitkan UMKM untuk memperoleh bantuan hukum secara tepat. 

“Jadi boleh di bilang selama ini UMKM, itu sama sekali tidak terekspos dengan jasa hukum bidang usaha dengan baik. Oleh karena itu gap ini kita coba perkecil,” ujar Fikri dalam Meeting Lawyer secara daring bersama Menteri Koperasi UKM dan sejumlah advokat, Senin (11/5).

Menurut Fikri, tidak jarang pelaku UMKM dalam menghadapi persoalan hukum mengalami keterbatasan informasi dan akses kepada advokat yang menyediakan Jasa hukum di bidang bisnis. Oleh karena itu, melalui platform Justika.com, situasi ini coba untuk diubah. (Baca: Kemenkop UKM Gandeng Hukumonline Beri Konsultasi Gratis UMKM Terdampak Covid-19)

Saat ini sudah 99 orang advokat yang terdaftar Justika.com. Advokat-advokat ini nantinya akan melayani konsultasi pelaku UMKM dan Koperasi secara gratis. Hal ini tidak terlepas juga dari panggilan kewajiban probono advokat yang harus menyediakan jasa hukum gratis, minimal 50 jam dalam setahun. 

Untuk mengetahui daftar nama advokat probono yang siap membantu konsultasi hukum gratis kepada UMKM dan koperasi yang terdampak Covid-19, silakan klik di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua