Senin, 01 Juni 2020

Potret Para ‘Wasit’ SIKM

Tanpa SIKM, jangan harap bisa masuk ke wilayah ke DKI Jakarta.
Resa Esnir
Foto: RES

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengeluarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 47 Tahun 2020 tentang Pembatasan Kegiatan Berpergian Keluar dan/atau Masuk Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang ditandatangani pada 14 Mei 2020 lalu.

Dalam aturan tersebut untuk keluar masuk wilayah Jakarta harus memiliki Surat Izin Keluar Masuk (SIKM), termasuk bagi mereka yang mudik dan ingin kembali ke DKI Jakarta yang menurut Anies berlaku hingga 7 Juni 2020 mendatang. Tanpa SIKM, jangan harap masyarakat bisa masuk ke wilayah Jakarta.

Berdasarkan survei Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Kementerian Perhubungan yang melibatkan lebih dari 14.000 responden, menemukan 24% responden masih berencana mudik. Sekitar 7% baru saja kembali dari kampung halaman dan mayoritas responden menyatakan tidak berencana mudik.

Para petugas gabungan dari TNI-Polri, Dishub, Satpol PP dan Dinas Kesehatan siap menjadi ‘wasit” bagi masyarakat yang nekat keluar dan masuk wilayah Jakarta tanpa ada SIKM. Pemeriksaan dan penyekatan arus balik ini dilakukan di check point di ruas tol Jakarta-Cikampek tepatnya di KM 47 Karawang Barat, Provinsi Jawa Barat.



Sore menjelang malam ratusan kendaraan arus balik menuju Jakarta harus antre di ruas jalan tol KM 47 Karawang Barat tersebut, mereka menunggu petugas untuk memeriksa setiap kendaraan yang tak dilengkapi dengan SIKM.



Pantauan Hukumonline, Kamis (28/5) lalu, di ruas tol Cikampek arah Jakarta terpantau ramai cenderung padat, berbeda dengan arah sebaliknya dari Jakarta menuju Cikampek di mana arus kendaraan terlihat lengang.



Padatnya pengendara tersebut didominasi para pemudik yang melakukan arus balik menuju Jakarta. Namun, perjalanan mereka harus terhenti di check point KM 47 tersebut untuk dilakukan pemeriksaan. Alhasil, banyak kendaraan yang harus diputar balik atau dialihkan ke jalan arteri lantaran tidak melengkapi SIKM.



Ratusan kendaraan antre menuju ke Jakarta mulai dari mobil pribadi, truk pengakut hingga jasa travel. Kepadatan kendaraan mencapai 500 meter sebelum titik check point.



Sebagai informasi Pemprov DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya akan mengantisipasi warga pemudik yang kembali ke Jakarta setelah Lebaran. Maka itu akan dilakukan penyekatan pemudik di 11 titik perbatasan Jakarta dengan Bogor, Tangerang, dan Bekasi.



Perlu diketahui, bagi masyarakat yang ingin mendapatkan SIKM, bisa mengakses melalui laman corona.jakarta.go.id lalu di kedua dari kanan atas klik menu Izin Keluar-Masuk Jakarta.

Seluruh isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengguna. Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Redaksi Hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan komentar, dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.

[ X ]

Notifikasi Adblocker

Kami memasang iklan pada konten yang Anda ingin jelajahi.
Iklan membantu kami untuk dapat memberikan konten hukum secara gratis.

Bantu kami untuk tetap menjadikan hukum untuk semua dengan cara menonaktifkan Adblock pada browser Anda. Pahami lebih lanjut mengenai ketentuannya disini.

Selain itu, Anda juga dapat berlangganan layanan premium dari hukumonline.com. klik disini

Terima kasih atas dukungan yang Anda berikan.

[ X ]

Ketentuan Adblocker


Bagaimana menonaktifkan Adblocker pada laman hukumonline.com?

Adblock / Adblock Plus
  • Klik logo Adblock/Adblock Plus, yang berada disebelah kanan address bar.
  • Pada Adblock, klik "Don't run on pages on this domain".
  • Pada Adblock Plus klik "Enabled on this site" untuk menonaktifkan Adblocking pada laman hukumonline.com. Apabila Anda menggunakan Firefox, klik "disable on hukumonline.com".
Firefox Tracking Protection

Apabila Anda menggunakan Private Browsing dalam Firefox, "Tracking Protection" akan muncul pemberitahuan Adblock. Anda dapat menonaktifkan dengan klik “shield icon” pada address bar Anda.

Ghostery
  • Klik pada icon Ghostery.
  • Apabila Anda menggunakan versi sebelum 6.0 klik "whitelist site".
  • Dalam versi 6.0 klik "trust site" atau tambahkan hukumonline.com pada Trusted Site list Anda.
  • Dalam versi sebelum 6.0 Anda akan melihat pesan "Site is whitelisted". Klik "reload the page to see your changes".
uBlock
  • Klik ikon uBlock.
  • Lalu klik tombol besar untuk melakukan whitelist pada laman yang sedang Anda jelajahi, dan ketika Anda membuka laman ini kembali secara otomatis akan terekam perintah yang Anda lakukan.
  • Lalu lakukan reload pada laman yang Anda jelajahi.

Terima kasih atas dukungan Anda untuk membantu kami menjadikan hukum untuk semua