Isu Hangat

Mengulas Karier Associate dan Partner di Kantor Hukum (2)

Salah satu impian yang diidamkan bagi sebagian lulusan fakultas hukum adalah profesi advokat (lawyer). Untuk membangun karier sebagai lawyer pada sebuah kantor hukum, biasanya bermula dari magang atau trainee associate. Bila berlanjut, beranjak menjadi junior associate, middle associate, senior associate, hingga posisi puncak karier sebagai partner. Melihat jenjang karier profesi advokat pada kantor hukum mulai dari posisi associate hingga partner, Hukumonline mencoba menyajikan sejumlah video yang membahas tuntas posisi dan peran associate dan partner di kantor hukum. Ada 9 narasumber yang dihadirkan mulai dari level associate hingga partner. Yuk, kembali simak sejumlah artikel video wawancara 5 founding partner berikut ini!
Agus Sahbani

Mengulas Karier Associate dan Partner di Kantor Hukum (1)

Salah satu impian yang diidamkan bagi sebagian lulusan fakultas hukum adalah profesi advokat (lawyer). Untuk membangun karier sebagai lawyer pada sebuah kantor hukum, biasanya bermula dari magang atau trainee associate. Bila berlanjut, beranjak menjadi junior associate, middle associate, senior associate, hingga posisi puncak karier sebagai partner. Melihat jenjang karier profesi advokat pada kantor hukum mulai dari posisi associate hingga partner, Hukumonline mencoba menyajikan sejumlah video yang membahas tuntas posisi dan peran associate dan partner di kantor hukum. Ada 9 narasumber yang dihadirkan mulai dari level associate hingga partner. Yuk, kembali simak sejumlah artikel video wawancara 4 associate berikut ini!
Agus Sahbani

Pemeringkatan Kampusnya Para Partner Law Firm Ternama Indonesia

Akhir tahun 2022 lalu, Hukumonline telah meluncurkan laporan hasil survei Top Law School For Law Firm Leaders Ranking 2022 sebagai pelengkap hasil survei Top 100 Indonesian Law Firms 2022. Ada 167 law firm ternama yang mengisi survei untuk menentukan daftar peringkat versi Hukumonline. Hukumonline berhasil memperoleh potret kampus-kampus hukum yang menjadi almamater para partner. Hukumonline berhasil mengetahui almamater kampus baik negeri maupun swasta para partner dari Top 100 Indonesian Law Firms 2022. Tercatat 68 kampus hukum sebagai almamater 700 partner dari 167 kantor hukum yang tersebar di Indonesia. Hasilnya, Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) sebagai almamater kampus hukum negeri paling banyak menghasilkan partner di kantor hukum ternama Indonesia. Capaian ini bersanding dengan Fakultas Hukum Universitas Trisakti (FH Trisakti) sebagai almamater kampus swasta paling banyak menghasilkan partner di kantor hukum ternama Indonesia. Selanjutnya, ada deretan kampus negeri dan swasta lain yang menempati urutan kedua, ketiga, dan seterusnya. Untuk mengetahui lebih lanjut, yuk simak kembali beberapa artikel berikut ini!
RED

Wajah Kantor Hukum di Luar Jakarta

Dinamika kantor hukum terus mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan, tak saja di pusat ibu kota, tapi di banyak daerah. Ya, kota-kota besar pun mulai berdiri kantor hukum yang memberikan layanan jasa hukum yang berkualitas seiring dengan perkembangan era digitalisasi. Hukumonline mengulas sejumlah kantor hukum soal strategi, tantangan dan cara mengelola kantor hukum di beberapa kota besar dalam serial artikel. Seperti sejumlah kantor hukum di kota Surabaya. Begitupula Semarang, Bandung hingga Bali. Ada pula beberapa kantor hukum besar di Jakarta yang membuka cabang di Surabaya, Bali, dan kota lainnya. Semoga artikel serial dapat bermanfaat. Selamat membaca
Rofiq Hidayat

Lembaga Pengelola Hajat Khusus Umat Islam

Setelah sebulan penuh menjalani ibadah puasa Ramadan, semua umat muslim di dunia merayakan hari kemenangan atau Idul Fitri. Rasanya tak lengkap bila di hari kemenangan ini, Hukumonline tidak menyajikan artikel khusus yang tentunya berkaitan dengan umat Islam. Untuk itu, di edisi lebaran kali ini Hukumonline menyajikan sejumlah artikel yang kiranya dapat dinikmati pembaca di tengah kesibukan mudik atau sebagainya. Ada pun artikel serial kali ini mendeskripsikan sambil mengenal kembali lembaga-lembaga yang berkaitan dengan hajat hidup umat Islam. Akhir kata, Redaksi Hukumonline mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Semoga artikel serial yang kami sajikan bermanfaat.
M. Agus Yozami

Wanita-Wanita Legal Perusahaan Ternama

Profesi in house counsel salah satu profesi yang cukup banyak diminati para lulusan sarjana hukum. Sebab, peran in house counsel atau legal officer di divisi legal/hukum sebuah perusahaan sangat penting. Umumnya, seorang in house counsel berperan sebagai penasihat hukum di internal perusahaan dalam upaya menjaga dan melindungi kepentingan operasional perusahaan sesuai bidangnya. Mengingat perannya yang begitu strategis, Hukumonline mengangkat sejumlah artikel berita video menampilkan sejumlah in house counsel wanita di pucuk legal perusahaan ternama. Mereka adalah Director of Corporate Affairs PT Fast Retailing Indonesia (Uniqlo) Maria Irma Yunita Ardhiyanti; Chief Legal Counsel PT L’oreal Indonesia Seradesy Sumardi; Associate Vice President of Legal (AVP) PT Bukalapak.com (Tbk) Tri Gati Mareta; General Counsel PT Paragon Technology and Innovation Yanne Sukmadewi; Legal & Compliance Director PT Asuransi Allianz Life Indonesia Hasinah Jusuf; dan Senior Vice President (SVP), Head of Legal PT Visionet Internasional (OVO) Astrid Abina Carolin Sihombing. Yuk, simak kembali beberapa artikel berikut ini!
Agus Sahbani

Survei Kantor Hukum Indonesia 2022

Untuk kelima kalinya, Hukumonline telah menggelar Survei Kantor Hukum Indonesia Tahun 2022 (Top 100 Indonesian Law Firms 2022). Survei tahun ini, terjadi peningkatan jumlah responden yang berjumlah 167 kantor hukum atau meningkat 17,68% atau 26 kantor hukum bila dibandingkan dengan tahun 2021 yang berjumlah 141 kantor hukum. Bila dirinci, dari 167 kantor hukum dalam survei tahun 2022 ini, 120 kantor hukum fokus pada jasa hukum full service; 23 kantor hukum fokus litigasi; dan 24 kantor hukum fokus non litigasi. Dari 167 kantor hukum tersebut dibagi 11 kategori yaitu Indonesian Largest Law Firm 2022 (Top 100 Indonesian Law Firms 2022); 3 Kategori Largest Law Firm 2022 (full service, litigasi, non litigasi); 3 Kategori Rising Star Law Firm 2022 (full service, litigasi, non litigasi); 3 Kategori Midsize Law Firm 2022 (full Service, litigasi, non litigasi); dan Law Firm with the most Female Partners 2022. Yuk, kembali kita simak para pemenang dari 11 kategori tersebut dalam beberapa artikel berikut ini!
Agus Sahbani

Perempuan di Kursi Partner Kantor Hukum

Selama ini sudah banyak kaum perempuan yang berkarier di lembaga peradilan, seperti kepolisian, kejaksaan, pengadilan, hingga peradilan tertinggi di Mahkamah Agung (MA) dan Mahkamah Konstitusi (MK). Tak terkecuali advokat-advokat perempuan yang juga profesi penegak hukum, khususnya di firma hukum korporasi (corporate law firm). Berdasarkan catatan Hukumonline, ada beberapa perempuan/wanita “hebat” yang sukses berkarier di kantor hukum sebagai partner dan eksis hingga saat ini. Mereka adalah Partner Kantor Hukum Soemadipradja & Taher (S & T) Retno Muljosantoso; Partner Hanafiah Ponggawa & Partners (Dentons HPRP) Fabiola Hutagalung; Partner Adnan Kelana Haryanto & Hermanto (AKHH) Helena Adnan; Partner Andriani, Riani & Hutabarat (ARH) Law Office Lintang Suryaningtyas; Partner Walalangi & Partners (in association with Nishimura & Asahi) Miriam Andreta. Selamat membaca beberapa artikel berikut ini!
Agus Sahbani

Eksistensi Kantor Hukum Modern

Lebih dari 5 dekade, perkembangan kantor hukum di Indonesia terus mengalami perubahan seiring perubahan zaman yang semakin cepat. Hingga pandemi Covid-19 menerpa Tanah Air selama 2 tahun terakhir pun, industri jasa kantor hukum korporasi (corporate law firm) sebagian besar bertahan dan sukses. Bahkan, sebagian dari firma hukum tersebut terus berkembang menjadi besar meski sudah berumur 30 tahun hingga 55 tahun. Bila menengok ke belakang, sejarah perkembangan kantor hukum korporasi di Indonesia tak lepas dari nama besar Ali Budiarjo, Adnan Buyung Nasution, dan Mochtar Kusumaatmadja. Ketiganya peletak dasar menjamurnya kantor hukum modern generasi pertama (era 1960-1970). Pada 1967, kantor/firma hukum Ali Budiarjo Nugroho Reksodiputro (ABNR) berdiri. Disusul berdirinya firma hukum Adnan Buyung Nasution & Assosiates (ABNA) pada 1969, dan Mochtar, Karuwin, Komar (MKK) pada 1971. Dalam edisi liputan khusus ini, Hukumonline mencoba mengingatkan kembali sejarah kantor hukum modern. Terutama “potret” perkembangan beberapa kantor hukum modern generasi kedua era 1980-1990 yang sukses mengelola firma hukumnya hingga saat ini. Sekilas disinggung sebagian kantor hukum generasi kedua berhasil “mencetak” kantor hukum generasi ketiga yang mulai berdiri pada tahun 1993 hingga tahun 2000-an. Artikel diulas dengan paparan sejarah singkat, silsilah kantor hukum, silsilah tokoh pendiri, hingga wawancara sejumlah narasumber dari beberapa kantor hukum melalui berita video. Selamat membaca beberapa artikel berikut ini!
Agus Sahbani

Lebaran Ala Komunitas Hukum

Landainya kasus Covid-19 belakangan ini membuat pemerintah memberikan keleluasaan bagi masyarakat yang ingin merayakan lebaran di kampung halaman atau lebih dikenal dengan istilah mudik. Masyarakat yang sudah lama tidak mudik akibat pandemi tentu sangat senang dengan diberikannya keleluasaan ini, tak terkecuali bagi komunitas hukum seperti advokat, notaris, PPAT, jaksa, hakim, aktivis di bidang hukum, dan sebagainya. Seperti masyarakat pada umumnya, mereka (komunitas hukum -Red) ada yang mudik, berlibur, tapi ada juga yang tetap melaksanakan tugas seperti hari biasanya. Dalam edisi khusus lebaran tahun ini, Hukumonline menyajikan sejumlah artikel mengenai kegiatan apa saja yang dilakukan oleh komunitas hukum tersebut. Selamat membaca artikelnya.
M. Agus Yozami