Melihat Materi yang Dibahas dalam Raker BKS Dekan FH PTN Wilayah Barat
Terbaru

Melihat Materi yang Dibahas dalam Raker BKS Dekan FH PTN Wilayah Barat

Bentuk kerja sama yang akan disepakati dituangkan dalam bentuk MoU. Pentingnya kolaborasi perguruan tinggi dengan dunia industri dan pelaku usaha.

Ady Thea DA
Bacaan 3 Menit
Dekan FH Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), Imam Budi Santoso. Foto: RES
Dekan FH Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), Imam Budi Santoso. Foto: RES

Perkembangan hukum di Indonesia bergerak cukup dinamis. Ada banyak peristiwa hukum yang patut dicermati terutama bagi kalangan akademisi hukum. Kemajuan teknologi yang pesat juga menuntut hukum untuk mampu merespon cepat berbagai perubahan. Tapi kampus hukum tak bisa sendirian menyikapi hal tersebut.

Karenanya perlu kerjasama antar fakultas hukum (FH) sehingga bisa menyusun rencana dan strategi yang tepat. Dalam rangka memperkuat kerjasama itu Badan Kerja Sama Dekan Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Negeri (BKS FH PTN) Wilayah Barat menyelenggarakan rapat kerja.

Rencananya rapat kerja berlangsung 29 Februari sampai 2 Maret 2024 di Karawang, Jawa Barat. Selaku tuan rumah acara, Dekan FH Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), Imam Budi Santoso, menjelaskan rapat kerja ini sebagai bentuk koordinasi FH PTN di wilayah barat. Agenda yang akan dibahas antara lain tentang Indikator Kinerja Utama (IKU) yang berjalan selama ini di masing-masing FH.

Kemudian mendiskusikan peluang kerja sama yang bisa dijalin antar FH PTN di wilayah barat. Salah satu bentuk kerja sama yang akan disepakati dalam bentuk memorandum of understanding (MoU), serta membahas rencana kerja BKS FH PTN Wilayah barat selama satu tahun ini.

Baca juga:

Sebagai bagian dari rangkaian acara, para delegasi yang hadir akan mengunjungi kawasan industri di Karawang. Perlu dijalin kolaborasi yang erat antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri. “Untuk sinergisitas antara perguruan tinggi dengan pelaku usaha dan industri terutama di Karawang,” katanya di sela kegiatan rapat kerja BKS FH PTN Wilayah Barat di Karawang, Kamis (29/2/2024).

Imam menekankan pentingnya kolaborasi perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri antara lain untuk mendapat masukan bagaimana harapan mereka terhadap lulusan FH. Ke depan Unsika dan Universitas Indonesia (UI) akan melakukan kerja sama menginisiasi dibentuknya laboratorium ketenagakerjaan di Unsika. Laboratorium itu nanti dapat diakses seluruh kampus, terutama yang tergabung dalam BKS FH PTN di Wilayah Barat.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait