Prabowo Dukung Sikap Jokowi Terkait KPK-Polri
Berita

Prabowo Dukung Sikap Jokowi Terkait KPK-Polri

Jokowi dan Prabowo sama-sama mengakui pentingnya KPK dan Polri.

Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Prabowo Subianto dan Jokowi menggelar jumpa pers usai bertemu di Istana Bogor, Kamis (29/1). Foto: Dok. Setkab RI
Prabowo Subianto dan Jokowi menggelar jumpa pers usai bertemu di Istana Bogor, Kamis (29/1). Foto: Dok. Setkab RI

Dua figur yang pada Pemilu Presiden 2014 berkompetisi, Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto kini ternyata bisa ‘kompak’. Bertemu di Istana Bogor, Kamis (29/1), Jokowi dan Prabowo membahas sejumlah topik, salah satunya terkait perseteruan antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kepolisian RI (Polri).

Prabowo menegaskan dirinya dan Jokowi memiliki komitmen yang sama yakni menganggap KPK dan Polri sebagai lembaga penting yang dibutuhkan Republik ini. Makanya, kata Prabowo, KPK dan Polri harus dijaga bersama-sama.

“Komitmen beliau dan saya juga mendukung baik Polri dan KPK sama-sama penting, sama-sama harus kita jaga bersama,” terang Prabowo.

Soal pengangkatan calon Kapolri, menurut Prabowo, itu adalah tugas dan hak eksekutif. Prabowo akan menghormati apapun keputusan yang diambil oleh Jokowi terkait kisruh KPK-Polri. Prabowo meyakini, Presiden Jokowi mengutamakan kepentingan rakyat dan seluruhnya, dan Presiden akan memilih yang terbaik untuk kepentingan bangsa.

Sementara, Jokowi mengatakan, dirinya harus menghormati proses-proses hukum yang ada, baik itu proses hukum di Polri maupun KPK. Sekali lagi, Jokowi menegaskan tidak akan mengintervensi proses hukum yang berjalan.

“Ya semuanya harus dihormati. Tidak mungkin saya mengintervensi ke sana. Jadi ya ditunggu,” kata Jokowi dalam keterangan pers usai bertemu Prabowo di Istana Bogor, Kamis (29/1).

Jokowi mengaku menerima masukan banyak sekali, termasuk dari Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) dan Tim Independen, terkait pengangkatan calon Kapolri maupun konflik antara KPK dan Polri. Masukan-masukan tersebut, kata Presiden, semua sudah ia tampung.

Tags:

Berita Terkait