Senin, 09 April 2018
Mencari Kampus Hukum Terfavorit 2018
​​​​​​​Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fakultas dan sekolah hukum mana saja yang para lulusannya paling banyak diserap oleh firma-firma hukum besar di Indonesia.
Norman Edwin Elnizar
0
Mencari Kampus Hukum Terfavorit 2018
Survei Fakultas & Sekolah Hukum Terfavorit 2018 kerja sama antara Hukumonline dan Youthmanual. Ilustrasi: HGW

Hukumonline.com bersama Youthmanual.com menggelar Survei Fakultas & Sekolah Hukum Terfavorit 2018 Versi Firma Hukum Terbesar Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fakultas dan sekolah hukum mana saja yang para lulusannya paling banyak diserap oleh firma-firma hukum besar di Indonesia.

 

Survei ini telah dikirimkan melalui e-mail lebih dari 50 firma hukum besar di Indonesia, khususnya yang terdaftar sebagai subscriber Hukumonline. Pengiriman email dari Tim Riset dan Penelitian Pengembangan (Litbang) Hukumonline dilakukan pada Jumat 6 April 2018 lalu.

 

Direktur Pemberitaan dan Konten Hukumonline, Amrie Hakim berharap semua firma hukum yang menjadi responden dapat berpartisipasi dalam survei ini. Sejauh ini, menurutnya, sudah banyak partner law firm yang menyambut positif kegiatan Survei Fakultas & Sekolah Hukum Terfavorit 2018 ini.

 

Amrie mengatakan bahwa semua firma hukum, terutama firma hukum besar, pasti menetapkan standar tinggi dalam melakukan rekrutmen lawyer. Hasil proses tersebut dapat menjadi refleksi lulusan kampus hukum mana saja yang kerap menjadi pilihan law firm-law firm besar.

 

Menurut Amrie, dasar dilakukannya penelitian ini lantaran jumlah lulusan dari fakultas atau sekolah hukum yang ingin berprofesi sebagai advokat terbilang cukup tinggi. Tengok saja misalnya angka peserta UPA yang diselenggarakan Peradi kubu Fauzie Yusuf Hasibuan pada 2017 mencapai 9.718 peserta. Total tersebut terbagi atas UPA Gelombang I dan Gelombang II yang diselenggarakan sepanjang 2017.

 

Baca:

 

Sementara itu, CEO Youthmanual.com Rizky Muhammad menambahkan, survei ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada para siswa SMA/sederajat terutama yang berminat untuk berkarier di bidang hukum mengenai sekolah/fakultas hukum yang lulusannya banyak bekerja di firma hukum terbesar di Indonesia.

 

Selain itu, Rizky berharap, hasil penelitian ini dapat memberikan informasi berharga bagi kaum muda mengenai kemampuan apa saja yang harus dimiliki jika ingin berkarier di sektor hukum, khususnya berprofesi advokat. Ia berharap, ke depan akan lahir semakin banyak advokat-advokat berkualitas tinggi, berintegritas dan mampu bersaing dengan advokat dari negara-negara lain.   

 

“Kalau harapannya sendiri kita juga ingin memberikan insight kepada anak-anak muda mengenai kemampuan-kemampuan apa saja yang harus dimiliki jika ingin berkarier di ranah hukum, dan sekolah/fakultas apa saja yang dapat memberikan kurikulum/fasilitas untuk membantu mereka mengembangkan kemampuan tersebut,” ucap Rizky.

 

Baca:

 

Dalam Survei Fakultas & Sekolah Hukum Terfavorit 2018 Versi Firma Hukum Terbesar Indonesia, law firm-law firm yang menjadi responden diminta untuk menjawab serangkaian kuesioner yang dibagi menjadi empat bagian yaitu Bagian 1: Tingkat Penerimaan Lulusan, Bagian 2: Tingkat Promosi Karyawan, Bagian 3: Tingkat Admission to the Bar, dan Bagian 4: Keterampilan Pengacara.

 

Adapun firma hukum yang menjadi responden dalam kuesioner ini adalah firma hukum yang termasuk di dalam Daftar 19 Firma Hukum Korporasi Terbesar di Indonesia 2017-2018 versi hukumonline.com, dan sebagian lagi adalah yang tercatat dalam direktori kantor hukum regional/internasional. Seluruh firma hukum yang menjadi responden survei ini terdaftar sebagai pelanggan (subscriber) hukumonline.com.

 

Kemudian, fakultas/program studi (prodi) hukum yang tercantum dalam kuesioner ini merupakan fakultas/prodi hukum dengan peringkat/akreditasi A menurut Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Meski demikian, survei ini juga memberi ruang kepada responden untuk memasukkan kampus hukum lainnya jika terdapat lulusan dari kampus hukum tersebut yang bekerja di law firm responden.

 

Hukumonline.com dan Youthmanual.com sebagai penyelenggara survei berharap semua responden dapat mengisi dan mengembalikan kuesioner selambat-lambatnya pada Jumat, 13 April 2018, pukul 23.59 WIB.

Belum ada tanggapan
Captcha belum diisi / expired / tidak valid.

NAMA
EMAIL
JUDUL
TANGGAPAN

Seluruh judul dan isi tanggapan adalah tanggung jawab masing-masing penulis tanggapan. Redaksi hukumonline berhak untuk menayangkan atau tidak menayangkan tanggapan dengan mempertimbangkan kepatutan serta norma-norma yang berlaku.