5 Tokoh Ternama Tutup Usia Sepanjang Tahun 2022
Kaleidoskop 2022

5 Tokoh Ternama Tutup Usia Sepanjang Tahun 2022

Dari Mantan Hakim Agung Adi Andojo Soetjipto, Pemerhati Hukum Indonesia Gregory Churchill, Guru Besar FHUI Prof Erman Rajagukguk, Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra, hingga Sang Begawan Hukum Perdata J Satrio.

Ferinda K Fachri
Bacaan 5 Menit
Mendiang Adi Andojo Soetjipto, Gregory John Churchill, Prof Erman Rajagukguk, Prof Azyumardi Azra, dan J Satrio. Foto Kolase
Mendiang Adi Andojo Soetjipto, Gregory John Churchill, Prof Erman Rajagukguk, Prof Azyumardi Azra, dan J Satrio. Foto Kolase

Berita duka mewarnai dunia hukum di Indonesia sepanjang tahun 2022. Pasalnya, terdapat beberapa tokoh hukum ternama yang wafat selama tahun 2022. Sebab, semasa hidupnya, mereka sudah berdedikasi tinggi memberikan kontribusinya bagi penegakan dan pengembangan hukum di Indonesia. Siapa saja mereka? Berikut ini informasi sejumlah tokoh hukum yang berpulang di tahun 2022.

1. Mantan Hakim Agung Adi Andojo

Salah satu mantan hakim agung yang telah mencetak banyak pelajaran berharga bagi pencari keadilan, Adi Andojo Soetjipto S.H. bin Soetjipto Wongsoatmodjo tutup usia sekitar pukul 03.33 WIB, Rabu (12/1/2022), dalam usia 89 tahun. Semasa hidupnya, Adi Andojo telah banyak memberi kontribusi dalam dunia hukum, khususnya dalam lingkup peradilan.

“Iya, benar. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya pada usia 89 tahun. Rumah duka terletak di Taman Rempoa Indah, Ciputat, Jakarta,” ungkap Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Sobandi dalam keterangan resmi yang diterima Hukumonline, Rabu (12/1/2022).

Mantan Ketua Muda Pidana Umum MA (periode 1981-1996) ini juga pernah menjabat sebagai Ketua Tim Gabungan Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (TGPTPK). Tim gabungan yang menjadi embrio pendirian KPK kala itu keanggotaannya terdiri atas beberapa unsur seperti jaksa, polisi, dan masyarakat.

Semasa berkarier sebagai hakim agung, almarhum dikenal keberaniannya menegakkan keadilan. Diantara perkara yang ditangani, kasus pembunuhan aktivis buruh Marsinah dan kasus Ketua Umum Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) Muchtar Pakpahan. Bahkan, saat menjelang akhir karier sebagai seorang hakim agung, dirinya membongkar dugaan kasus kolusi di tubuh MA. Adi juga pernah menyuarakan pendapatnya pada berbagai isu pembenahan peradilan di Indonesia.

2. Pemerhati Hukum Indonesia Gregory Churchill

Pada Sabtu (19/2/2022) dini hari, Advokat Asing, Peneliti, Pemerhati Hukum Indonesia, Gregory John Churchill meninggal dunia dalam usia 74 tahun. Greg, biasa ia disapa, seorang ahli hukum asing asal Amerika Serikat (Indonesianis), meninggal dunia di Rumah Sakit Mayapada Jakarta karena sakit yang dideritanya dalam beberapa pekan terakhir.

“Telah meninggal dunia, Bapak Gregory John Churchill, hari Sabtu 19 Februari 2022 jam 00.42 WIB di Rumah Sakit Mayapada,” demikian informasi yang beredar di komunitas kolega Greg, Sabtu (19/2/2022).

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait