7 Ajang Bergengsi Hukumonline Sepanjang Tahun 2023
Kaleidoskop 2023

7 Ajang Bergengsi Hukumonline Sepanjang Tahun 2023

Siap-siap ikuti di tahun 2024. Diadakan setiap tahun. Jangan sampai terlewat.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 4 Menit
Ilustrasi
Ilustrasi

Tahun 2023 baru saja berlalu. Sepanjang tahun itu diwarnai sejumlah acara spesial dari Hukumonline untuk komunitas hukum di Indonesia. Setidaknya ada 7 ajang bergengsi yang penting dicatat. Jika terlewat ikut serta di tahun 2023, siapa tahu pada tahun 2024 ini Anda berpeluang menjadi juara. Tentu saja langkah pertama harus diambil dengan mengetahui apa saja ajang yang bisa anda ikuti. Lalu, persiapkan diri sedini mungkin di hari-hari pertama tahun 2024 dengan penuh semangat.

Biasanya ajang yang digelar oleh Hukumonline akan berlangsung di bulan yang sama setiap tahun. Kriteria dan kategori yang tersedia juga tidak jauh berbeda. Nah, berikut ini adalah himpunan informasinya yang sudah pernah ditayangkan dalam pemberitaan sepanjang tahun 2023.

1. Capital Market Lawyers Ranking

Pemeringkatan ini adalah apresiasi untuk kantor hukum dan lawyer yang berperan mendukung aksi korporasi dan emiten di dunia pasar modal. Sudah 5 kali penghargaan ini diberikan dengan nominasi berdasarkan survei atas keseluruhan prospektus di tahun berlalu. Penghargaan ini dinilai berdasarkan transaksi emisi atau jumlah nilai dan intensitasnya.

Ada dua jenis transaksi yang Hukumonline gunakan untuk pemeringkatan ini yaitu transaksi obligasi dan transaksi penawaran umum perdana (Initial Public Offering/IPO). Sumber data yang digunakan terutama publikasi di laman Bursa Efek Indonesia selain juga sumber kredibel lainnya. Pengumuman para penerima penghargaan Capital Market Lawyers Ranking 2022 dilakukan pada bulan Maret 2023 lalu.

2. Top 100 Indonesian Law Firms

Penghargaan ini bertujuan untuk mengakui keunggulan serta dedikasi kantor hukum dan praktisi hukum dalam memberikan layanan jasa hukum kepada masyarakat. Sudah 6 kali penghargaan ini diberikan berdasarkan survei terbuka. Penghargaan ini dinilai berdasarkan kurasi Hukumonline terhadap data yang diberikan kantor-kantor hukum setiap tahun. Pengumpulan data survei dimulai sejak Februari hingga April 2023.

Indikator utama penilaian fokus pada jumlah fee earners, seperti Partner, Associate, Of Counsel, dan Advokat Asing masing-masing kantor hukum. Pengumuman para penerima penghargaan Top 100 Indonesian Law Firms 2023 dilakukan pada bulan Juni 2023 lalu. Penting dicatat, ajang ini menggelar Awarding Night khusus sejak tahun 2022.

Selain itu, sejak tahun 2023 Hukumonline menerbitkan Practice Leaders 2023. Isinya adalah daftar kantor hukum berdasarkan keunggulan di bidang praktiknya masing-masing. Pemetaan berdasarkan data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari Top 100 Indonesian Law Firms 2023. Daftar ini bertujuan memudahkan pencarian kantor hukum yang kompeten dan bepengalaman sesuai dengan kebutuhan.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait