Bakal Digelar Akhir Agustus, Kongres XXIV INI Siap Gunakan I-Voting
Terbaru

Bakal Digelar Akhir Agustus, Kongres XXIV INI Siap Gunakan I-Voting

Kongres XXIV Ikatan Notaris Indonesia telah diumumkan bakal digelar di Novotel Tangcity Hotel, Kota Tangerang, Banten, pada 30-31 Agustus 2023 mendatang.

Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Ketua Bidang Organisasi Pengurus Pusat INI Taufik (tengah) saat memberi keterangan pers beberapa waktu lalu.
Ketua Bidang Organisasi Pengurus Pusat INI Taufik (tengah) saat memberi keterangan pers beberapa waktu lalu.

Setelah melalui proses panjang, Ikatan Notaris Indonesia (INI) akhirnya mengumumkan penyelenggaraan Kongres XXIV INI di Novotel Tangcity Hotel, Kota Tangerang, Banten, pada 30-31 Agustus 2023 mendatang. Kongres ini akan memberlakukan sistem pemilihan secara internet voting (i-voting) untuk yang pertama kalinya. 

“Sebagaimana undangan pada anggota, kongres akan dilaksanakan pada tanggal 30-31 Agustus 2023 di Novotel Tangerang,” ujar Ketua Bidang (Kabid) Organisasi Pengurus Pusat INI, Taufik, ketika dikonfirmasi Hukumonline, Selasa (8/8/2023).

Baca Juga:

Ia menuturkan untuk target peserta yang hadir secara offline belum ditentukan. Akan tetapi, sepengetahuannya kapasitas dari Novotel sendiri berkisar 1.500 orang maksimal. Selain itu, masih terdapat hal lain yang harus dipertimbangkan seperti perizinan dan sebagainya untuk menentukan angka kapasitas peserta yang hadir secara langsung ke venue.

Namun demikian, Taufik berpandangan ada kemungkinan tidak banyak peserta yang hadir offline mengingat kini pemilihan sudah dapat dilakukan secara online melalui i-voting nasional. “Biasa orang berbondong-bondong ikut kongres kan untuk memilih,” kata dia.

Pendaftaran untuk kongres masih belum dibuka, tetapi biasanya akan dibuka sekitar 2 minggu sebelum kongres. “Kalau persiapan kita sebenarnya tempat sebentar saja, kan sudah biasa kita buat acara seribu orang. Yang lama persiapan itu sistem pemilihannya karena pakai i-voting. Pemilihan sudah 95% sebenarnya, tinggal finishing,” kata Taufik.

Taufik memperkirakan peserta yang hadir pada kongres kali ini akan lebih sedikit dibandingkan biasanya. Mengingat sebelum-sebelumnya banyak anggota yang berbondong-bondong menghadiri kongres dalam rangka mengikuti pemilihan Ketua Umum dan Dewan Kehormatan.

Tags:

Berita Terkait