Berpikir Kritis Kemampuan Utama yang Harus Dimiliki Mahasiswa Hukum
Terbaru

Berpikir Kritis Kemampuan Utama yang Harus Dimiliki Mahasiswa Hukum

Berpikir kritis mencakup kegiatan menganalisis dan menginterpretasikan data dalam kegiatan penemuan ilmiah.

Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Berpikir Kritis Kemampuan Utama yang Harus Dimiliki Mahasiswa Hukum
Hukumonline

Berpikir kritis merupakan salah satu karakter yang menjadi fokus isu pendidikan. Selain menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak peserta didik, kemampuan berpikir kritis mahasiswa diperlukan sebagai pemecah masalah hingga pembuat keputusan secara mandiri.

Kemampuan berpikir kritis diperjelas melalui Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yang menjelaskan pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Sebagai salah satu tempat di mana potensi harus dikembangkan, perguruan tinggi menjadi tempat dibentuknya pola berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan mental yang terorganisasikan dan berperan dalam proses mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah.

Berpikir kritis mencakup kegiatan menganalisis dan menginterpretasikan data dalam kegiatan penemuan ilmiah. Proses pembelajaran dalam perkuliahan maupun memasuki dunia kerja membutuhkan kompetensi berpikir yang kritis, membuat keputusan, dan memecahkan masalah.

Baca Juga:

Untuk dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, mahasiswa Ilmu Hukum perlu melakukan inovasi pembelajaran agar dapat siap menghadapi permasalahan di dunia perkuliahan maupun dunia pekerjaan.

Terdapat enam tingkatan kemampuan berpikir kritis, yaitu:

1.      Berpikir yang tidak direfleksikan

2.      Berpikir yang menantang

3.      Berpikir permulaan

4.      Berpikir latihan

5.      Berpikir lanjut

6.      Berpikir yang unggul

Agar dapat menjadi mahasiswa Ilmu Hukum yang siap terjun di dunia pekerjaan, ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa Ilmu Hukum. Kemampuan ini akan membantu dalam mengikuti pelajaran dan praktik di jurusan Ilmu Hukum, yaitu:

Tags:

Berita Terkait