Bekal Sebelum Terjun di Dunia Corporate Lawyer
Utama

Bekal Sebelum Terjun di Dunia Corporate Lawyer

Untuk corporate lawyer yakni basic skill bahasa inggris, pengetahuan umum tentang hukum, KUHP dan KUHAP, kerja sama tim, kemampuan berbicara di depan klien, disiplin, fokus, dan tentu saja kerja keras.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 6 Menit
Narasumber dalam webinar Hukumonline Campus Roadshow di Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jumat, (17/6/2022) kemarin. Foto: WIL
Narasumber dalam webinar Hukumonline Campus Roadshow di Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jumat, (17/6/2022) kemarin. Foto: WIL

Berkarier sebagai advokat atau corporate lawyer untuk bidang hukum bisnis di sebuah perusahan merupakan impian bagi sebagian besar mahasiswa lulusan Ilmu Hukum. Namun, besarnya minat menjadi corporate lawyer di firma hukum dengan klien dari berbagai macam perusahaan, nyatanya belum banyak dipromosikan kepada mahasiswa-mahasiswa Ilmu Hukum secara menyeluruh.

Tawaran menjadi corporate lawyer merupakan profesi hukum yang sangat prestisius dengan integritasnya yang terjaga. Bersamaan dengan jelang peringatan ulang tahun ke-22, Hukumonline bekerja sama dengan Universitas Sebelas Maret mengadakan diskusi ringan bagi mahasiswa Ilmu Hukum yang ingin terjun sebagai corporate lawyer atau in house councel.

Perusahaan dengan model bisnis yang beragam kian kompleks, kehadiran corporate lawyer semakin dibutuhkan. Seorang mahasiswa lulusan Ilmu Hukum dapat memilih menjadi advokat. Selanjutnya dapat memilih bidang corporate lawyer ataupun litigation lawyer. Untuk itu, penting bagi corporate lawyer mengetahui mengenai litigasi karena saat menyusun kontrak harus memikirkan kemungkinan permasalahan yang akan timbul. Sebaliknya seorang litigator juga harus mengetahui tentang hukum perusahaan jika saat menangani kasus wanprestasi dan memahami dalam menafsirkan sebuah kontrak.

Baca Juga:

Siti Kemala Nuraida, Corporate Lawyer dari Kantor Hukum Walalangi & Partners, membeberkan secara detail mengenai corporate lawyer dan jurus jitu agar mahasiswa lulusan Ilmu Hukum dapat menjadi corporate lawyer. “Ada pembeda antara corporate lawyer dan litigation lawyer. Litigasi akan lebih sering berurusan ke pengadilan. Yang menjadi pembeda dengan corporate lawyer adalah jenis project pekerjaannya. Namun berkarier di kedua bidang itu benefitnya sama,” ujar Siti Kemala Nuraida dalam webinar Hukumonline Campus Roadshow di Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jumat, (17/6/2022) kemarin.

Wanita yang akrab disapa Aida ini melanjutkan seorang corporate lawyer dituntut kreatif karena setiap permasalahan memiliki perjanjian yang berbeda-beda tergantung dari proyek yang didapatkan. “Ada banyak keuntungan yang kita dapat saat menjadi corporate lawyer, selain keuntungan keuangan hal yang paling penting adalah self development,” kata dia.

Dia menerangkan bila pada akhirnya lulusan fakultas hukum tergabung menjadi bagian corporate lawyer, seseorang harus menempuh berbagai jenjang karier yang cukup panjang, mulai dari menjadi tenaga magang, junior associate, mid associate, senior associate, hingga partner. Ada peran penting yang tidak boleh dilupakan oleh seseorang yang bekerja sebagai corporate lawyer yaitu kerja sama tim.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait