Cara Memilih Jurnal Internasional yang Tepat
Terbaru

Cara Memilih Jurnal Internasional yang Tepat

Dalam penerbitan jurnal internasional bereputasi, ada langkah-langkah yang perlu diikuti yaitu dengan cara penelusuran bahan hukum dan memilih jurnal internasional untuk wadah publikasi dengan cara menyiapkan substansi dan teknisnya.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Dhiana Puspitawati selaku dosen Fakultas Hukum Brawijaya, pada kesempatan pelatihan penulisan jurnal ilmiah yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS).
Dhiana Puspitawati selaku dosen Fakultas Hukum Brawijaya, pada kesempatan pelatihan penulisan jurnal ilmiah yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS).

Memilih jurnal internasional yang tepat dengan kredibilitas dan bereputasi yang baik memerlukan proses yang panjang dan bukan perkara yang mudah. Perlu cara dan ketekunan yang harus dilakukan agar bisa memperoleh jurnal internasional yang tepat.

Fakultas Hukum Universitas Brawijaya khususnya program magister, mempersyaratkan mahasiswa untuk bisa jurnalnya tembus ke dalam Sinta 2 dan jurnal internasional yang hanya terindeks Directory of Open Access Journals (DOAJ).

Dhiana Puspitawati selaku dosen Fakultas Hukum Brawijaya, pada kesempatan pelatihan penulisan jurnal ilmiah yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) mengungkapkan bahwa publikasi jurnal bukan untuk institusi atau kampus melainkan untuk mahasiswa atau dosen itu sendiri.

Baca Juga:

“Kewajiban publikasi bukan untuk institusi atau kampus, kita sebagai penulis juga mendapat keuntungan dari publikasi ini. Ketika jurnal kita sudah terpublikasi, maka secara tidak langsung itu juga mempromosikan diri kita sendiri sehingga kewajiban publikasi ini menguntungkan diri kita pribadi,” jelasnya pada Jumat (16/9) secara daring.

Ia melanjutkan, kewajiban publikasi jurnal internasional bereputasi tersebut adalah syarat kelulusan atau memperoleh gelar tertentu, namun dibalik publikasi jurnal ilmiah akan sangat berguna bagi kedua belah pihak, baik untuk institusi dan juga untuk penulis itu sendiri.

Pada kesempatan itu, Dhiana membeberkan langkah-langkah untuk publikasi jurnal atau artikel ilmiah.

“Dalam penerbitan jurnal internasional bereputasi, tentu memiliki langkah-langkahnya, yaitu dengan cara penelusuran bahan hukum dan memilih jurnal internasional untuk wadah publikasi dengan cara menyiapkan substansi dan teknisnya,” jelasnya.

Tags:

Berita Terkait