Dari Advokat Senior sampai Aktivis Antikorupsi Masuk Tim Hukum Ganjar-Mahfud
Melek Pemilu 2024

Dari Advokat Senior sampai Aktivis Antikorupsi Masuk Tim Hukum Ganjar-Mahfud

Beragam pengalaman di bidang hukum menjadi kelebihan masing-masing personal dalam menyukseskan pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar-Mahfud.

Rofiq Hidayat
Bacaan 3 Menit
Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo – Moh Mahfud MD. Foto: Instagram Ganjar Pranowo
Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo – Moh Mahfud MD. Foto: Instagram Ganjar Pranowo

Debat pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (Capres-Cawapres) menjadi momentum yang amat dinanti publik seluruh penjuru nusantara. Namun di balik ide dan gagasan yang disodorkan masing-masing pasangan calon, terdapat tim kampanye yang terus memberikan masukan. Termasuk tim hukum yang tak kalah penting perannya dalam menyukseskan masing-masing pasangan calon.

Berdasarkan penelusuran, TPN Ganjar Pranowo- Moh Mahfud MD telah mengumumkan sejumlah nama yang bakal menyukseskan kampanye di Pemilu 2024, khususnya pemilihan capres-cawapres (Pilpres). Pebisnis Arsjad Rasjid menjadi Ketua TPN Ganjar – Mahfud. Sementara di barisan Wakil Ketua TPN ada 16 orang yang mengisinya, salah satunya mantan Panglima TNI Andika Perkasa dan mantan Wakapolri Gatot Eddy Pramono.

Sementara TPN menunjuk sejumlah orang yang ditugaskan menjaga gawang bidang hukum. Ada nama advokat senior yang sudah malah melintang di dunia hukum. Adalah Todung Mulya Lubis menempati posisi Deputi Bidang Hukum. Nama Todung tentu sudah tak asing bagi pegiat hak asasi manusia (HAM) maupun di dunia advokat.

Dalam bidang advokat, Todung mendirikan Kantor Hukum Lubis Santosa & Maramis (LSM) Law Firm yang berkantor di wilayah SCBD. LSM Law Firm hingga kini masih terus eksis dan berkembang. Selain sebagai advokat kawakan dan tokoh gerakan HAM, Todung pun seorang diplomat ulung serta ahli hukum penyelesaian sengketa.

Baca juga:

Berdasarkan catatan, Todung sempat menjabat Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Norwegia dan Islandia pada 2018.  Bahkan Todung tercatat sebagai anggota Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) dan Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal  (HKHPM) dan International Bar Association (IBA). 

Kemudian ada nama Ifdal Kasim menjabat Direktur Penegakan Hukum dan Advokasi TPN Ganjar-Mahfud. Bagi pegiat HAM, nama Ifdal amat familiar. Dia sempat menjabat Ketua Komisi Nasional (Komnas) HAM periode 2007-2012. Pasca habis masa jabatannya, Ifdal kembali menekuni profesi yang digelutinya, yakni advokat.

Tags:

Berita Terkait