Dekan FH UMS: Fokus Pengembangan Ilmu Hukum Profetik
Law School Stories

Dekan FH UMS: Fokus Pengembangan Ilmu Hukum Profetik

Intinya bagaimana memasukkan nilai Islam dalam proses pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, sehingga ada proses integrasi antara hukum dan nilai keislaman sebagai sebuah konsep. Ke depan diharapkan FH UMS menjadi pusat pengembangan ilmu hukum berperspektif profetik.

Ady Thea DA
Bacaan 1 Menit
Dekan FH UMS: Fokus Pengembangan Ilmu Hukum Profetik
Hukumonline

Setiap fakultas hukum menawarkan keunggulan masing-masing dalam upaya melahirkan sarjana hukum yang mumpuni. Seperti Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta (FH UMS) memiliki jurus andalan menggembleng para mahasiswanya. Sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mengibarkan panji-panji Muhammadiyah, FH UMS memiliki visi yang pada titik tertentu relatif sama dengan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (PT MA) lainnya.

Dekan FH UMS Prof Kelik Wardiono berpendapat pembelajaran di FH UMS tak sekadar membahas hukum positif, tapi juga memasukkan aspek keislaman dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. "Intinya gimana memasukkan nilai-nilai Islam dalam proses pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kita tidak hanya sekadar menjadi pembeda dengan FH di kampus lain, tapi juga FH PT MA lain,” ujar Prof Kelik Wardiono saat berbincang dengan Hukumonline di Kampus FH UMS, Solo, Kamis (16/11/2023) lalu.

Prof Kelik menekankan fakultas yang dipimpinnya fokus mengembangkan ilmu hukum profetik. Ide itu mengkristal sejak 2010 ketika program studi doktoral (S3) berdiri di FH UMS. Beberapa dosen menawarkan pondasi filosofis profetik, misalnya secara ontologi dan epistemologi. Kemudian itu menjadi kritik mahasiswa, sebagai proses dialektik antara mahasiswa dengan dosen dengan harapan UMS ke depan bisa menjadi salah satu pusat unggulan dalam pengembangan hukum perspektif profetik.

“Intinya ada proses integrasi antara hukum dan nilai keislaman sebagai sebuah konsep. Ini yang jadi keunggulan FH UMS,” ujar Prof Kelik.

Selengkapnya, simak paparan Dekan FH UMS dalam tautan video berikut ini!

Tags:

Berita Terkait