FH UNS Gelar Lokakarya Pengembangan Jurnal Internasional Bereputasi
Terbaru

FH UNS Gelar Lokakarya Pengembangan Jurnal Internasional Bereputasi

Mendorong anggota Badan Kerja Sama Dekan Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Negeri Wilayah Tengah memiliki jurnal bereputasi terindeks Scopus.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 2 Menit
FH UNS Gelar Lokakarya Pengembangan Jurnal Internasional Bereputasi
Hukumonline

Fakultas Hukum, Universitas Sebelas Maret (FH UNS) segera menyelenggarakan lokakarya Pengembangan Jurnal Internasional Bereputasi. Acara ini bekerja sama dengan Mahkamah Konstitusi dan Badan Kerja Sama Dekan Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Negeri (BKS FH-PTN) Wilayah Tengah. Pelaksanaannya dilakukan secara luring pada Jumat besok di Ruang Aula Gedung 3 FH UNS.

“Jurnal internasional bereputasi menjadi tolok ukur pengakuan standar kualitas ilmiah dari media publikasi riset di perguruan tinggi. Termasuk menjadi ukuran seberapa terpercaya hasil riset yang diterbitkan untuk dimanfaatkan,” kata Dekan FH UNS, I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani kepada Hukumonline, Kamis (25/8/2022).

Baca Juga:

Ayu menyebut bahwa ada banyak tolok ukur reputasi jurnal internasional. Hanya saja, ukuran umum yang diacu Kementerian Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi saat ini adalah indeksasi oleh Scopus. “Ada syarat yang ketat untuk suatu jurnal masuk dalam indeks Scopus,” ujar Ayu.

Scopus adalah salah satu pusat data literatur ilmiah yang dimiliki oleh penerbit Jurnal terkemuka dunia yang berpusat di Belanda. Pusat data semacam itu membuat indeks laporan hasil riset ilmiah yang pernah diteliti berbagai tim riset di seluruh dunia.

Pusat data semacam Scopus membantu peneliti melihat apa saja yang sudah diteliti koleganya dalam bidang terkait. Peneliti bisa menilai kontribusi atau kebaruan dari riset yang sedang dikerjakan terhadap literatur ilmiah ada dalam koleksi indeks.

Di sisi lain, pusat data membantu mengukur nilai kontribusi ilmiah yang bisa ditawarkan kepada Jurnal agar mau mempublikasikan hasil riset. Maka, bisa diasumsikan semakin tinggi peringkat dalam Scopus sama dengan semakin terpercaya suatu jurnal sebagai sumber hasil riset yang berkualitas.

Tags:

Berita Terkait