Gen Z Bisa Lakukan 4 Cara Ini Agar Tak Salah Pilih Caleg Pada Pemilu 2024
Melek Pemilu 2024

Gen Z Bisa Lakukan 4 Cara Ini Agar Tak Salah Pilih Caleg Pada Pemilu 2024

Lakukan rekam jejak terkait isu korupsi, pelaporan harta kekayaan, etik, dan konflik kepentingan sebelum memilih.

Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Egi Primayogha. Foto: Istimewa
Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Egi Primayogha. Foto: Istimewa

Jelang gelaran kontestasi politik di tahun 2024 mendatang, banyak generasi Z yang akan menggunakan hak suaranya untuk pertama kali. Tidak sedikit di antara generasi ini yang merasa kebingungan untuk menentukan pilihannya. Salah memilih akan berakibat pada kebijakan yang tidak sesuai yang diharapkan. Untuk itu, generasi Z perlu mengetahui kiat dalam memilih caleg maupun capres pada Pemilu 2024 mendatang.

Rekam jejak profil pribadi dan kinerja profesional sejak sebelum terpilih menjabat anggota legislatif atau anggota eksekutif, sangat penting diperhatikan. Penting untuk mempertimbangkan kedua hal itu baik terhadap petahana yang kembali mencalonkan diri maupun para wajah baru di pemilu legislatif 2024. 

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW), Egi Primayogha, mengatakan salah satu poin penting yang harus disoroti oleh pemilih baik generasi Z maupun generasi sebelumnya adalah indikator rekam jejak pada isu korupsi.

Baca Juga:

“Pantauan ICW lebih dari 10 tahun menyatakan terdapat 344 kasus anggota legislatif terkena kasus korupsi. Kita harus serius soal ini, sebelum memilih ada baiknya untuk kita melihat rekam jejak mereka seperti apa. Pastikan caleg yang kita pilih bebas dari korupsi maupun track record terkena korupsi sebelumnya. Jika caleg yang terafiliasi bisnis serta keluarga juga perlu diperhatikan karena seringkali korupsi itu dijalankan berjemaah,’’ ujar Egi dalam Instagram Live Hukumonline, Selasa (19/12).

Salah satu fokus pemantauan ICW adalah kinerja dan rekam jejak pejabat publik. Guna memantau sekaligus mendorong partisipasi publik yang luas, ICW telah mengembangkan portal RekamJejak.net. 

Sejak terakhir kali dikembangkan pada tahun 2019, RekamJejak.net telah menjadi salah satu portal yang dijadikan acuan oleh publik luas dalam melihat rekam jejak pejabat publik, terutama anggota DPR RI. Pada tahun 2021, ICW berencana mengembangkan portal RekamJejak.net untuk memperkaya informasi yang ada dalam situs tersebut.

Tags:

Berita Terkait