Foto Essay:

​​​​​​​Hukumonline Pro Bono Champions 2020

Seluruh responden pro bono tersebar di 16 provinsi di Indonesia.

Oleh:
Resa Esnir
Bacaan 2 Menit
Penghargaan Pro Bono Champions 2020 yang  digelar Hukumonline secara virtual, Rabu (16/12). Foto: RES
Penghargaan Pro Bono Champions 2020 yang digelar Hukumonline secara virtual, Rabu (16/12). Foto: RES

Pagelaran Hukumonline Award Pro Bono Champions 2020 telah rampung dilaksanakan Hukumonline. Ajang tahunan ini merupakan tahun ketiga yang digelar Hukumonline. Serangkaian acara penghargaan ydimulai dari diskusi bertema Tantangan dan Strategi Pelaksanaan Pro Bono di Tengah Pandemi itu digelar, Rabu (16/12).

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Ada tiga narasumber diskusi tersebut. Ketiganya adalah Kepala Sub Bagian Program Bantuan Hukum BPHN, Kemenkumham, Masan Nurpian, Founding Partners ADAMS & Co Counsellors at Law, David Tobing dan Direktur Lembaga Bantuan Hukum Jakarta Arif Maulana. Seluruh rangkaian acara tersebut dibuka dengan sambutan dari Chief Content Officer Hukumonline, Amrie Hakim.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

"Pro Bono 2020 Champions yang diselenggarakan oleh Hukumonline merupakan bentuk apresiasi kepada para advokat dan kantor-kantor advokat yang telah berdedikasi dalam menjalankan kewajiban pro bono sepanjang periode September 2019 hingga Agustus 2020," kata Amrie Hakim.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Usai diskusi, rangkaian acara dilanjutkan ke pemberian penghargaan kepada para pemenang. Total, terdapat 27 kantor hukum yang menjadi nominator dan memperebutkan 9 penghargaan yang dipertandingkan. Untuk total responden dalam survei tahun ini, mencapai 70 responden atau kantor hukum.

Hukumonline.com

Hukumonline.com

Sebelum pemberian penghargaan dilakukan, Editor in Chief Hukumonline Fathan Qorib melaporkan kegiatan survei yang dilakkukan hingga penentuan para pemenang penghargaan. Menurutnya, 70 responden tersebut tersebar di 16 provinsi di Indonesia. Dengan mayoritas sebanyak 53% atau 37 kantor hukum berasal dari DKI Jakarta.

Hukumonline.com

Meski kantor hukum DKI Jakarta menjadi mayoritas responden, namun para pemenang penghargaan tersebar di sejumlah daerah. Hal ini mengindikasikan bahwa para advokat Indonesia mulai 'melek' terhadap kegiatan pro bono sehingga dapat membantu masyarakat yang membutuhkan.

Hukumonline.com

Kesembilan pemenang antara lain, Peringkat 1 Kantor Hukum dengan Jumlah Total Jam Pro bono Terbanyak kategori 1-10 advokat, pemenangnya Farida Law Office; Peringkat 1 Kantor Hukum dengan Jumlah Total Jam Pro bono Terbanyak kategori 11-30 advokat, pemenangnya Law Firm Rei & Co Lawyer Office Jeneponto; Peringkat 1 Kantor Hukum dengan Jumlah Total Jam Pro bono Terbanyak kategori lebih dari 31 advokat, pemenangnya Assegaf Hamzah & Partners.

Tags:

Berita Terkait