Indonesia Regulatory Compliance Awards Segera Digelar!
Terbaru

Indonesia Regulatory Compliance Awards Segera Digelar!

IRCA diselenggarakan khusus untuk memberi apresiasi atau pengakuan prestasi atas kewajiban kepatuhan hukum yang telah dipenuhi perusahaan.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 2 Menit
Indonesia Regulatory Compliance Awards Segera Digelar!
Hukumonline

Hukumonline memberikan penghargaan baru di tahun 2024 bernama Indonesia Regulatory Compliance Awards (IRCA). Survei pengisian data untuk para peserta sudah mulai disebarkan sampai akhir Februari 2024. Malam penghargaan rencananya akan diselenggarakan pada akhir Mei 2024 di Hotel Mulia, Jarkarta. Penasaran ingin ikut ajang penghargaan baru ini?

IRCA adalah penghargaan terhadap performa kepatuhan hukum dari perusahaan-perusahaan di Indonesia. Ya, para penerima IRCA ini dari kalangan perusahaan. Para peserta ajang penghargaan kali ini khusus untuk perusahaan dengan penerima penghargaan badan hukum perusahaan dan individu direksi. IRCA diselenggarakan khusus untuk memberi apresiasi atau pengakuan prestasi atas kewajiban kepatuhan hukum yang telah dipenuhi perusahaan.

Baca juga:

“IRCA akan memetakan berdasarkan sektor industrinya,” kata Katon Baskoro, Research & Awards Manager Hukumonline. IRCA akan membagi kategori berdasarkan kompleksitas pengaturan masing-masing sektor industri. Penempatan perusahaan peserta survei IRCA dalam kategori berdasarkan data olahan asesmen mandiri. “Responden akan menentukan sendiri perusahaannya termasuk kategori mana,” kata Katon menambahkan.

Selanjutnya, penilaian akan dilakukan berdasarkan kompleksitas pengaturan yang berbeda-beda. Parameter validasinya adalah Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) yang dijalani tiap perusahaan. “Kami akan meminta seluruh KBLI yang berjalan di perusahaan, bukan sekadar yang dimiliki,” ujar Katon.

KBLI adalah pengklasifikasian aktivitas/kegiatan ekonomi Indonesia yang menghasilkan produk/output, baik berupa barang maupun jasa, berdasarkan lapangan usaha untuk memberikan keseragaman konsep, definisi, dan klasifikasi lapangan usaha dalam perkembangan dan pergeseran kegiatan ekonomi di Indonesia. Definisi itu merujuk keterangan resmi dalam Sistem Perizinan Berusaha Online Single Submission (OSS) dari Kementerian Investasi/BKPM.

Katon mengatakan info KBLI yang dijalani perusahaan itu untuk keperluan menelusuri tingkat risiko bisnisnya. “Kompleksitas bisnis ada kaitannya dengan risiko bisnis,” ujar Katon.

Apa yang akan dinilai? Ada dua yaitu strategi kepatuhan hukum perusahaan untuk penghargaan pada perusahaan dan performa manajerial organisasi oleh direksi untuk penghargaan pada individu. Penilaian dilakukan oleh dewan juri independen dari kalangan praktisi dan akademisi yang mumpuni. Penghargaan diberikan dalam kelompok kategori pemeringkatan.

Peserta IRCA kali ini bisa diikuti oleh mitra Hukumonline dari kalangan pengguna produk Hukumonline Pro, Regulatory Compliance System, dan Exdoma. Pengisian survei tahap akan berlangsung sampai dengan 23 Februari 2024. Survei tahap dua akan kembali dilakukan setelahnya hingga 1 Maret 2024.

IRCA 2024 ini melengkapi sederet ajang penghargaan dari Hukumonline yang telah ada. Baik itu Capital Market Lawyers RankingTop 100 Indonesian Law FirmsIn-House Counsel AwardsTop Indonesian Law SchoolsPro Bono Awards, maupun Hall of Fame akan tetap diselenggarakan juga tahun ini seperti biasanya. Nah, tunggu apa lagi? Segera isi formulir survei yang sudah perusahaan anda terima dan sampai jumpa pada malam penghargaan pada akhir Mei 2024 nanti!

Tags:

Berita Terkait