Info Penting yang Perlu Diketahui Soal Uji Coba Electronic Traffic Law Enforcement
Berita

Info Penting yang Perlu Diketahui Soal Uji Coba Electronic Traffic Law Enforcement

Selama uji coba, Polda Metro Jaya belum melakukan penindakan kepada pelanggar lalu lintas, melainkan hanya akan melakukan sosialisasi.

Oleh:
M. Agus Yozami/Resa Esnir
Bacaan 2 Menit
Petugas Traffic Management Center (TMC) memantau pelanggar lalu lintas melalui layar CCTV yang berada di ruas jalan Thamrin-Sudirman di ruang kontrol Ditlantas Polda Metro Jaya, Senin (01/10). Foto: Res
Petugas Traffic Management Center (TMC) memantau pelanggar lalu lintas melalui layar CCTV yang berada di ruas jalan Thamrin-Sudirman di ruang kontrol Ditlantas Polda Metro Jaya, Senin (01/10). Foto: Res

Sistem tilang elektronik atau electronic traffic law enforcement (e-TLE) diuji coba Senin (1/10) ini. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf, mengatakan sistem itu mengandalkan kamera closed circuit television (CCTV) berteknologi canggih yang akan memantau pelanggaran lalu lintas.

 

"CCTV tersebut bisa merekam, meng-capture pelanggaran, pelat nomor kendaraan di lapangan kemudian terkoneksi di back office TMC Polda Metro Jaya. Nanti dari back office ada petugas dari Subdit Gakkum dan Regident yang akan mengecek database tersebut," ujar dia seperti dilansir situs Humas Polda Metro Jaya.

 

Jika pengendara terbukti melakukan pelanggaran, polisi akan menerbitkan surat tilang. Jenis-jenis pelanggaran yang dapat terdeteksi sistem itu adalah pelanggaran ganjil-genap, pelanggaran marka dan rambu jalan, pelanggaran batas kecepatan, kesalahan jalur, kelebihan daya angkut dan dimensi, menerobos lampu merah, melawan arus, mengemudi dengan kecepatan melebihi batas, tidak menggunakan helm, tidak menggunakan sabuk pengaman, dan menggunakan ponsel saat berkendara.

 

Hukumonline.com

 

Surat tilang akan dikirimkan ke kediaman masing-masing pelanggar dan denda tilang dibayarkan melalui bank. Selain itu, ada informasi-informasi penting lain yang perlu pengguna jalan tahu tentang uji coba e-TLE hari ini, yaitu:

 

1. Dilakukan di Jalan Sudirman-Thamrin

Kombes Yusuf mengatakan, pihaknya berencana untuk melakukan uji coba sistem e-TLE di sepanjang ruas Jalan Sudirman hingga Thamrin, Jakarta. CCTV akan dipasang di sejumlah titik di ruas jalan itu. Kombes Yusuf mengatakan, jika uji coba di ruas jalan itu berjalan lancar tanpa kendala, e-TLE akan diterapkan di seluruh ruas Jalan di Jakarta secara bertahap.

 

Hukumonline.com

 

2. Ada 4 CCTV Canggih Dalam uji coba ini

Ada 4 CCTV akan dipasang di empat titik di sepanjang Jalan Sudirman Thamrin. Titik-titik itu antara lain di simpang Sarinah, simpang Patung Kuda, dan Simpang Kebon Sirih. Kombes Yusuf mengatakan, pihaknya akan melihat akurasi tangkapan gambar dari empat CCTV itu sebelum nantinya akan memasang lebih banyak lagi CCTV. Belum Dilakukan Saat Uji Coba Tilang Elektronik e-TLE

 

3. Belum Ada Penindakan

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan, selama uji coba pihaknya belum melakukan penindakan kepada pelanggar lalu lintas. Selama masa uji coba, pihaknya hanya akan melakukan sosialisasi.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait