Pro Bono Awards 2021

Ini 9 Pemenang Indonesia Pro Bono Awards 2021

Para pemenang terpilih merupakan hasil survei yang dilakukan Hukumonline dengan memberikan kuesioner secara terbuka kepada para responden kantor hukum yang diwakili oleh satu responden.

Oleh:
Mochamad Januar Rizki
Bacaan 5 Menit
Hukumonline menyelenggarakan acara Indonesia Pro Bono Awards 2021. Foto: HOL
Hukumonline menyelenggarakan acara Indonesia Pro Bono Awards 2021. Foto: HOL

Sebagai media massa yang fokus mengulas pemberitaan dunia hukum, Hukum Online menyelenggarakan penghargaan Pro Bono 2021 Champions. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada para advokat dan kantor-kantor advokat yang telah berdedikasi dalam menjalankan kewajiban pro bono. Di samping itu, kegiatan ini, bertujuan untuk mengetahui gambaran sejauh mana kultur pro bono telah diterapkan oleh kantor hukum responden.

Chief Content Officer Hukumonline, Amrie Hakim, menyampaikan pandemi Covid-19 mengubah segala aspek rutinitas masyarakat. Dalam kondisi tersebut, advokat sebagai profesi officium nobile juga terkena dampak pandemi. Namun, Amrie yakin semangat kantor hukum dan advokat tidak padam melaksanakan pro bono untuk membantu masyarakat.

“Hampir 2 tahun semua pihak harus mengalami perubahan kebiasaan termasuk advokat. Meski begitu semangat para profesional hukum dalam jalankan tugas termasuk advokat yang miliki kerja-kerja mulia dalam melaksanakan kegiatan pro bono pada masyarakat yang membutuhkan. Kami yakin sekali pandemi Covid-19 tidak surutkan langkah kantor hukum dan para advokat untuk salurkan kegiatan pro bono pada masyarakat tidak mampu,” jelas Amrie saat membuka Indonesia Pro Bono Awards 2021, Kamis (16/12).

Hukumonline.com

Para pemenang terpilih merupakan hasil survei yang dilakukan Hukumonline dengan memberikan kuesioner secara terbuka kepada para responden kantor hukum yang diwakili oleh satu responden. Survei diadakan pada 18 Oktober 2021 hingga 8 November 2021, terkumpul sebanyak 64 responden yang dapat mewakili gambaran penerapan praktik Pro Bono.

Terdapat tiga kategori besar yang dipertandingkan oleh para responden dalam Indonesia Pro Bono Awards 2021. Kategori tersebut yaitu Excellent Pro Bono Hours Law Firms, Law Firms With Exceptional Dedication for Pro Bono Works for Law Firms dan The Highest Commitment by Pro Bono Law Firms. Tiap kategori besar ini dibagi berdasarkan tiga jenis kantor hukum yang dipilah berdasarkan ukuran mereka masing-masing, yakni kantor hukum dengan kategori 3-10 advokat, kantor hukum dengan kategori 11-30 advokat dan kantor hukum dengan kategori lebih dari 30 advokat.

Pada award tahun ini, total terdapat 39 nominator yang kemudian dipilih 9 pemenang dari tiap kategori tersebut. Untuk kategori Hukumonline Award for Excellent Pro Bono Hours Law Firms dan Hukumonline Award for Law Firms With Exceptional Dedication for Pro Bono Works for Law Firms masing-masing akan terdapat 5 nominator dan satu pemenang. Sedangkan kategori Hukumonline Award for The Highest Commitment by Pro Bono Law Firms masing-masing kategori kantor hukum terdapat tiga nominator dan dipilih satu pemenang.

Ada pun para pemenang Indonesia Pro Bono Awards 2021 yaitu:

Hukumonline.com

Dalam kesempatan sama, Editor in Chief Hukumonline, Fathan Qorib menyampaikan pPelaksanaan Pro Bono Award tahun ini merupakan tahun keempat yang digelar Hukumonline sejak tahun 2018. Dia mengatakan Hukumonline berkomitmen untuk memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada advokat dan kantor hukum yang terus konsisten melaksanakan kewajibannya memberikan kegiatan pro bono bagi masyarakat yang membutuhkan.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait