Utama

Ini Puluhan Kategori Anugerah Mahkamah Agung 2021

Dari E-Court, Gugatan Sederhana hingga Mediasi baik sisi pengadilan, advokat, dan hakim mediator. Pengumuman para pemenang Anugerah MA itu akan disampaikan pada perayaan HUT MA ke-76 pada Kamis 19 Agustus 2021.

Oleh:
Aida Mardatillah
Bacaan 6 Menit
Ini Puluhan Kategori Anugerah Mahkamah Agung 2021
Hukumonline

Mahkamah Agung (MA) didukung Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Hukumonline kembali menggelar Anugerah MA Tahun 2021. Anugerah MA 2021 kali ini ada tiga kategori besar yakni penghargaan (award) pelaksanaan Peradilan Elektronik (E-Court), Gugatan Sederhana (GS), dan Mediasi baik dari sisi pengadilan, pengguna dari kalangan advokat, maupun hakim mediator termasuk memberi penghargaan khusus kepada Pengadilan Tinggi terbaik yang melaksanakan fungsi pembinaan.        

Hal ini agak sedikit berbeda dengan Anugerah MA Tahun 2020 yang hanya ada dua kategori besar yakni penghargaan E-Court dan Gugatan Sederhana baik dari sisi pengadilan maupun advokat pengguna. Belum lama ini, Tim Pokja Anugerah MA sudah menentukan pengadilan-pengadilan di 3 lingkungan badan Peradilan Umum, Agama, Tata Usaha Negara (TUN); para advokat; dan para hakim mediator yang menjadi pemenang Anugerah MA 2021.

Pengumuman para pemenang penghargaan 3 kategori besar itu akan disampaikan pada perayaan Hari Ulang Tahun Mahkamah Agung (HUT MA) ke-76, yang digelar secara daring pada Kamis 19 Agustus 2021 mendatang. Salah satu tujuan pemberian Anugerah MA 2021 ini untuk memberi apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengadilan-pengadilan, para advokat, dan para hakim mediator yang telah aktif memanfaatkan/mengoptimalkan penerapan E-Court, GS, dan Mediasi di pengadilan.

Ada puluhan ribu perkara yang dianalisa di tiga badan peradilan itu selama kurun waktu atau periode 1 Mei 2020 hingga 30 April 2021. Pengumpulan data perkara ini dilakukan melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) dan Direktori Putusan MA. Populasi data perkara ini berasal dari seluruh satuan kerja (satker) di tiga lingkungan peradilan yang dibagi berdasarkan kelas-kelas pengadilan.    

Kemudian ditentukan pemeringkatan berdasarkan kelas pengadilan, advokat pengguna, hakim mediator, dan Pengadilan Tinggi di mana pengadilan di bawahnya lebih banyak memanfaatkan pelaksanaan Peradilan Elekronik, Gugatan Sederhana, dan Mediasi. (Baca Juga: Ini Dia 20 Kategori Anugerah Mahkamah Agung 2020)

Ketua Kelompok Kerja Anugerah MA Tahun 2021, Hakim Agung Prof. Takdir Rahmadi mengatakan, Anugerah MA 2021 dilaksanakan untuk mendorong atau memotivasi pengadilan-pengadilan dan pimpinan-pimpinan pengadilan, advokat, hakim, mediator terkait kebijakan MA dalam pelaksanaan E-Court, Gugatan Sederhana, Mediasi di  pengadilan. Kebijakan pelaksanaan tiga bidang tersebut sudah diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung (Perma).

“Kinerja yang baik dalam tiga bidang tersebut sebagai upaya mewujudkan asas peradilan cepat sederhana dan murah sesuai amanat UU Kekuasaan Kehakiman,” kata Prof. Takdir yang juga Ketua Kamar Pembinaan MA RI ini.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait