Ini Sejumlah Agenda Raker BKS Dekan FH PTN se-Indonesia 2023
Terbaru

Ini Sejumlah Agenda Raker BKS Dekan FH PTN se-Indonesia 2023

Mulai penyusunan panduan penggunaan artificial intelligence (AI) dalam pendidikan tinggi hukum, pelatihan metode pembelajaran agar ada kesamaan kualitas, hingga rencana konferensi nasional pendidikan hukum dengan Asosiasi Dekan Australia dan Asosiasi Dekan Korea Selatan.

Agus Sahbani
Bacaan 3 Menit
Dekan FH USK Dr. M. Gaussyah. Foto: Istimewa
Dekan FH USK Dr. M. Gaussyah. Foto: Istimewa

Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (FH USK) kembali didaulat untuk menggelar acara rapat kerja Badan Kerja Sama Dekan Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Negeri (BKS Dekan FH PTN) se-Indonesia pada Senin-Rabu (25-27/9/2023). Raker yang bakal dihadiri 120 undangan dari 60 PTN ini bakal membahas sejumlah agenda strategis dalam pertemuan tahunan jajaran Dekan FH PTN se-Indonesia ini.

“Pada hari pertama, Senin (25/9/2023), raker BKS Dekan FH PTN akan dibuka oleh Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Marwan,” ujar Dekan FH USK Dr. M. Gaussyah saat dihubungi Hukumonline, Rabu (20/9/2023).   

Baca Juga:

Raker BKS Dekan FH PTN se-Indonesia ini diawali dengan acara seminar nasional dengan topik menyongsong kepemimpinan nasional terkait Pemilu 2024. Seminar nasional ini akan menghadirkan sejumlah narasumber (tentatif), seperti Guru Besar Hukum Tata Negara FHUI Prof Satya Arinanto dan Guru Besar Fakultas Ilmu Administrasi UI Prof Eko Prasojo yang juga mantan Wakil Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.    

“Tadinya kita akan menghadirkan Prof Bagir Manan, tapi dia sudah memastikan tidak bisa hadir karena ada acara lain. Lalu, digelar agenda raker dengan beberapa topik agenda yang akan dibahas,” ujar Gaussyah.

Ia menerangkan selain seminar ada sejumlah agenda yang menjadi fokus bahasan raker tahun ini. Pertama, diskusi penyusunan panduan penggunaan artificial intelligence (AI) dalam pendidikan tinggi hukum. Kedua, diskusi susunan tata kerja (SOTK) fakultas hukum. Ketiga, rencana pelatihan metode pembelajaran (case based, problem based dan project based learning). Keempat, rencana konferensi nasional pendidikan hukum dengan Asosiasi Dekan Australia dan Asosiasi Dekan Korea Selatan.

Ketua Badan Kerja Sama Dekan Fakultas Hukum Perguruan Tinggi Negeri (BKS Dekan FH-PTN) se-Indonesia Iman Prihandono mengatakan raker ini adalah Rapat Kerja Rutin dari BKS Dekan FH PTN. Sebagai bagian dari Program Kerja Nasional yang ditetapkan di Depok awal tahun 2023, pihaknya berusaha untuk membahas beberapa isu-isu terkini yang sedang dihadapi FH dan pendidikan tinggi hukum di Indonesia.  

Tags:

Berita Terkait