Jadi Hakim Sampai Notaris, Ragam Cita-cita Mahasiswa Baru FH UNEJ
Terbaru

Jadi Hakim Sampai Notaris, Ragam Cita-cita Mahasiswa Baru FH UNEJ

Sejak awal kuliah para mahasiswa diharapkan dapat memahami perkembangan profesi hukum saat ini.

Oleh:
Moch. Dani Pratama Huzaini
Bacaan 3 Menit
Suasana kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Baru (PPMB) Angkatan 2023 FH Universitas Jember, Minggu (24/09). Foto: DAN
Suasana kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Baru (PPMB) Angkatan 2023 FH Universitas Jember, Minggu (24/09). Foto: DAN

Jika akhir pekan biasanya suasana kampus terasa lengang, namun hal itu tidak berlaku bagi Fakultas Hukum Universitas Jember (FH UNEJ). Pada Minggu (24/9/2023) pagi, gedung Auditorium FH UNEJ telah ramai. Selain beberapa orang tenaga pengajar, mahasiswa yang bertugas membantu panitia, serta hadir juga 436 Mahasiswa Baru FH UNEJ dengan seragam putih-putih menghiasi auditorium sejak pagi hari. FH UNEJ tengah menyelengarakan kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Mahasiswa Baru (PPMB) Angkatan 2023.

Rio, salah satu mahasiswa baru peserta PPMB terlihat begitu antusias. Mahasiswa asal Timika, Papua Tengah ini memilih UNEJ karena saran orang tua. Masuk UNEJ lewat jalur SNMPTN, Rio memiliki ketertarikan di bidang hukum bahkan sejak usianya masih sangat muda. “Saya tertarik dengan hukum sejak masih SMP,” ujar Rio.

Pemilik nama lengkap Gregorio Crisantus Putra Jodi Moru ini bercita-cita kelak menjadi seorang Hakim. Karena itu Rio mengaku tengah menyiapkan diri menuju ke arah sana bahkan sejak awal perkuliahan di Semester 1. “Saya menyiapkan karakter dan dasar akademis saya untuk menjadi Hakim,” akunya.

Baca juga:

Rio tidak sendiri. Amelia Samosir, mahasiswi baru asal Bali ini juga memilih UNEJ karena saran keluarga. Meski belum menentukan cita-citanya kelak, Amel cenderung memilih jalur praktisi sebagai tempat beraktivitas setelah lulus kuliah. “Untuk itu saya akan aktif kuliah dan mengikuti kegiatan serta lomba-lomba yang ada di kampus,” ujarnya.

Sementara itu, Indra Jovian, Mahasiswa semester 5 FH UNEJ yang terlibat sebagai pembantu panitia PPMB menuturkan cita-citanya kelak yang ingin menjadi Notaris. Sejak awal mencari tahu lebih banyak tentang seluk-beluk tata cara menjadi Notaris, pria yang kerap di sapa Jojo ini mengaku telah mempersiapkan diri. “Masih banyak yang harus dipersiapkan,” ungkap Jojo.

Ermanto Fahamsyah, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FH UNEJ menuturkan, salah satu tujuan dari PPMB FH UNEJ adalah untuk mengenalkan hal-hal terkait pengembangan diri mahasiswa. Sebelum PPMB yang diselenggarakan pihak Fakultas, mahasiswa baru telah lebih dulu menyelesaikan kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dilaksanakan oleh Universitas.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait