Ketiga Kubu AAI Bakal Rekonsiliasi, Arman Hanis: AAI Harus Satu!
Utama

Ketiga Kubu AAI Bakal Rekonsiliasi, Arman Hanis: AAI Harus Satu!

Pada akhir tahun 2024 atau kuartal pertama 2025, ditargetkan seluruh pecahan AAI akan kembali bersatu dan menyelenggarakan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) bersama.

Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Ketua Umum DPP AAI, Arman Hanis, dalam konferensi pers di Hotel Aryaduta Menteng, Senin (11/12). Foto: FKF
Ketua Umum DPP AAI, Arman Hanis, dalam konferensi pers di Hotel Aryaduta Menteng, Senin (11/12). Foto: FKF

Pasca Musyawarah Nasional (Munas) di Bandung pada 2022 lalu, seperti diketahui terjadi perpecahan di tubuh Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Advokat Indonesia (DPP AAI). Namun belakangan dikabarkan bakal terjadinya rekonsiliasi dan konsolidasi ketiga pecahan AAI. Hal tersebut menjadi salah satu agenda besar yang dibincangkan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2023.

“Satu tahun sebelumnya, dalam Munas Makassar, saya selaku Ketua Umum terpilih diberikan amanah oleh organisasi untuk rekonsiliasi atau penyatuan AAI yang sebelumnya di Munas Bandung terpecah menjadi 3. Alhamdulilah, sampai hari ini sudah menemukan titik terang,” ungkap Ketua Umum DPP AAI, Arman Hanis, dalam konferensi pers di Hotel Aryaduta Menteng, Senin (11/12).

Pada akhir 2024 atau kuartal pertama 2025, ditargetkan seluruh pecahan AAI akan kembali bersatu dan menyelenggarakan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) bersama. Hal tersebut, kata Arman, telah disepakati secara lisan. Dan rencananya pada Januari 2024 mendatang, ketiga Ketua Umum akan menandatangani kesepakatan tersebut.

Baca Juga:

Perihal teknis, masing-masing dari ketiga kubu AAI akan menunjuk perwakilan untuk membahas pelaksanaan dan mekanisme secara rinci. Para perwakilan yang terkumpul dalam “Tim 9” ini akan diberikan target paling lambat kuartal pertama tahun 2025. Meski diharapkan dapat diselesaikan lebih cepat dari tenggat waktu yang diberi.

“Karena seluruh anggota AAI baik dari kubu bang Palmer Situmorang, kubu Ranto P Simanjuntak, maupun kami itu sebenarnya sangat menginginkan AAI kembali bersatu. Jadi mereka semua ini tidak ingin dipecah seperti organisasi advokat lain. Karena prinsipnya memang AAI ini dari dulu kita ketahui bersama itu solid,” ujarnya.

Maka dari itu, Arman menegaskan tidak ada lagi melihat ke belakang atau berkutat pada masa lalu, tetapi disepakati untuk memandang ke depan bersama-sama.  Diharapkan AAI dapat menjadi organisasi advokat pertama yang mencetak sejarah sebagai organisasi advokat yang bisa bersatu kembali.

Tags:

Berita Terkait