Konsolidasi Alumni Nasional-Internasional jadi Prioritas Agenda Raker IKA FH Usakti
Terbaru

Konsolidasi Alumni Nasional-Internasional jadi Prioritas Agenda Raker IKA FH Usakti

Program IKA FH Usakti tidak hanya untuk membuat alumni FH Usakti saling mendukung kemajuan bersama, namun juga berkontribusi ke negara.

Oleh:
Normand Edwin Elnizar
Bacaan 2 Menit
Pria berseragam kiri ke kanan: Ketua Panitia Raker Ibnu Aryo Nugroho, Ketum IKA FH Usakti Sahala Siahaan, Ketua IKA Usakti Silmy Karim dan Sekjen IKA FH Usakti Kemas Ilham Akbar berfoto bersama perwakilan Dekanat FH Usakti, Sabtu (15/7/2023).Foto: Istimewa
Pria berseragam kiri ke kanan: Ketua Panitia Raker Ibnu Aryo Nugroho, Ketum IKA FH Usakti Sahala Siahaan, Ketua IKA Usakti Silmy Karim dan Sekjen IKA FH Usakti Kemas Ilham Akbar berfoto bersama perwakilan Dekanat FH Usakti, Sabtu (15/7/2023).Foto: Istimewa

Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Trisakti (IKA FH Usakti) masa bakti 2022-2026 meresmikan sejumlah program dalam Rapat Kerja (Raker), di Hotel Sahid Sudirman, Jakarta, Sabtu (15/7/2023). Konsolidasi jaringan alumni hingga internasional ditetapkan sebagai agenda prioritas.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) IKA FH Usakti Kemas Ilham Akbar mengonfirmasi hal itu. Menurut Ilham,  IKA FH Usakti bakal melakukan konsolidasi jaringan alumni, termasuk membuat jaringan hingga mencapai 38 provinsi maupun perwakilan luar negeri.  “Ini menjadi sorotan utama dari konsolidasi,” ujarnya kepada Hukumonline.

Ilham yang tercatat alumni FH Usakti angkatan 2002 itu mengatakan, setidaknya sudah ada sekira 17 ribu alumni IKA FH Usakti. Sayangnya pusat data para alumni FH Usakti masih belum rapi terkonsolidasi. Padahal, FH Usakti adalah kampus hukum top nomor tiga penghasil Partner Kantor Hukum Ternama Indonesia. Bahkan di jajaran kampus hukum swasta Indonesia posisinya ada di nomor satu.

“Kami akan memperluas jaringan untuk mengidentifikasi dan mengakomodasi seluruh potensi yang dimiliki Ikatan Alumni Fakultas Hukum,” kata Ilham.

Baca:

Ilham menjelaskan, kepengurusan IKA FH Usakti saat ini banyak diisi alumni muda agar geliat aktifitas lebih lincah.  Dia menerangkan, program IKA FH Usakti tidak hanya untuk membuat alumni FH Usakti saling mendukung kemajuan bersama. “Tapi agar alumni FH Usakti juga berkontribusi untuk negara,”  imbuhnya.

Hukumonline.com

Pengurus IKA FH Usakti berfoto bersama usai acara Raker. Foto: Istimewa

Pengusaha start up layanan manajemen parkir ini menyebut ada tiga keputusan yang dibuat Raker IKA FH Usakti kali ini. Pertama, mengesahkan perubahan AD/ART. Kedua, mengesahkan empat peraturan organisasi dan rekomendasi penyusunan tiga peraturan organisasi lainnya. Ketiga, menetapkan 28 program prioritas kepengurusan IKA FH Usakti sampai akhir masa bakti tahun 2026 mendatang.

Ketua IKA Usakti Silmy Karim, tampak hadir memberikan arahan pembuka dalam Raker IKA FH Usakti hari ini. Pria yang menjabat Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia itu menyatakan apresiasi dan dukungannya pada target-target program kerja IKA FH Usakti. Perlu diketahui Sahala Siahaan terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum IKA FH Usakti dalam Rapat Anggota pada akhir Agustus 2022 tahun lalu menggantikan Rivai Kusumanegara.

Ketua Panitia acara Raker Ibnu Aryo Nugroho, menambahkan keterangan tambahan kepada hukumonline. Menurutnya pasca pandemi Covid-19 berlalu, Raker yang digelar ini adalah kali pertama dalam kondisi normal. “Ketua Umum memberikan target agar dalam enam bulan ke depan program kerja sudah ada hasilnya,” kata Ibnu.

Alumni FH Usakti angkatan 2006 ini mengatakan, konsolidasi alumni tiap angkatan termasuk mendukung program pemagangan alumni muda lulusan baru di kantor hukum para alumni senior. “Jadi fresh graduate yang berkualitas bisa terserap melalui para seniornya di Trisakti,” pungkas doktor hukum ini yang mengaku kantor hukum miliknya didominasi sesama alumni FH Usakti.

Tags:

Berita Terkait