Korelasi antara Kebahagiaan Lawyer dengan Produktivitas Firma Hukum, Pentingkah?
Utama

Korelasi antara Kebahagiaan Lawyer dengan Produktivitas Firma Hukum, Pentingkah?

Terdapat berbagai cara untuk mendorong produktivitas firma hukum. Salah satu diantaranya dengan berbagai kebijakan atau program yang memperhatikan hak dan keberlangsungan lawyer di firma hukum.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 4 Menit
Managing Partner AHP Bono Daru Adji dan Managing Partner M&T Maria Sagrado. Foto Kolase: Istimewa
Managing Partner AHP Bono Daru Adji dan Managing Partner M&T Maria Sagrado. Foto Kolase: Istimewa

Seperti diketahui, kalangan lawyer yang bekerja di firma hukum memiliki tekanan tersendiri dalam menuntaskan pekerjaannya di tengah tenggat waktu yang ketat. Tak dapat dipungkiri kinerja dari sebuah firma tentu berkaitan erat dengan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki mengingat yang ditawarkan firma hukum berupa jasa.

Menyadari itu, Greenberg Glusker yang merupakan salah satu firma hukum full-service asal California, Amerika Serikat, menerapkan kultur firmanya yang berfokus mengenal setiap lawyer di firma hukumnya dan mengupayakan well-being (kesejahteraan) mereka. Atas inisiatif dan kultur yang ditanamkan itu membuat firma ini kian produktif hingga memboyong banyak penghargaan.

"Kami memprioritaskan untuk mengenal anggota tim sebagai manusia seutuhnya, bukan hanya pekerja profesional. Dengan mendukung kepentingan karyawan dan merayakan pencapaian pribadi yang tidak terkait dengan pekerjaan," ujar Greenberg Glusker Employee Engagement Coordinator, Nicole Kosoff, seperti dilansir Above The Law, Jum'at (3/11/2023) kemarin.

Baca Juga:

Contohnya, sambung Nicole, seperti baby shower atau perayaan lainnya yang dari perspektifnya dapat menjadi penyampai pesan bagi anggota tim bagaimana firma melihat mereka. Memberi dukungan, juga lebih dihargai atas kontribusi yang diberikan secara profesional.

Tak berhenti di situ, firma hukum California itu disebut seringkali mengadakan semacam acara “family-friendly gatherings” atau pertemuan di luar pekerjaan yang membawa suasana kekeluargaan terhadap lawyer maupun karyawan di firma hukum. “Dimana orang-orang benar-benar merasa dihargai tidak hanya sebagai pengacara, tetapi sebagai manusia,” kata dia.

Konteks dari kedekatan firma dengan personal lawyer maupun karyawan yang dilakukan Greenberg Glusker ternyata tidak hanya terbatas mengadakan acara perayaan atau pertemuan semata. Partner Intellectual Property Greenberg Glusker, Elizabeth Sbardellati, mengatakan bagaimana firma tetap memberikan dukungan dan di masa tersulitnya Ketika kehilangan saudara tercinta, firma hukum memenuhi hak Elizabeth mendapatkan cuti.

Tags:

Berita Terkait