KPK Dapat Sinyal Positif dari SEC untuk Mengungkap Kasus Monsanto
Berita

KPK Dapat Sinyal Positif dari SEC untuk Mengungkap Kasus Monsanto

‘Mereka telah memberikan sinyalemen akan menjembatani hubungan antara Department of Justice Amerika dengan KPK'

CR/Leo
Bacaan 2 Menit
KPK Dapat Sinyal Positif dari SEC untuk Mengungkap Kasus Monsanto
Hukumonline
KPK menyatakan telah mendapat sinyal positif dari Securities Exchange Commission (SEC) untuk mengungkap skandal suap yang dilakukan Monsanto yang diduga melibatkan sejumlah pejabat Indonesia. Demikian disampaikan Wakil Ketua KPK Erry Riyana Hardjapamekas, usai mengadakan pembicaraan melalui sambungan telepon dengan SEC kemarin malam (16/2). Pembicaraan tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam).

Dalam pembicaraan yang berlangsung lebih kurang satu jam itu, Erry mengatakan baru memperkenalkan KPK beserta kewenangan yang dimilikinya kepada otoritas pasar modal AS tersebut.

Hasilnya positif, kami janji akan bertemu lagi. Mereka telah memberikan sinyalemen bahwa mereka akan menjembatani hubungan Departement of Justice Amerika dengan KPK. Untuk pembicaraan selanjutnya tidak disebutkan secara spesifik, tapi yang pasti minggu ini, ungkap Erry.

Sebagaimana telah diberitakan, KPK terus menyelidiki keterlibatan pejabat Indonesia di kasus Monsanto. Ini dipicu oleh pengakuan petinggi Monsanto Company yang berpusat di AS bahwa mereka telah menjalankan praktek suap untuk menjalanjkan bisnisnya di Indonesia. Akibatnya, penegak hukum di AS menjatuhkan sanksi denda terhadap perusahaan tersebut dan petingginya karena melanggar Forreign Corrupt Practices Act (FCPA).

Selanjutnya, KPK menindaklanjuti kejadian tersebut dengan memanggil sejumlah nama—termasuk afiliasi Monsanto di Indonesia maupun konsultannya—untuk didengar penjelasannya. Namun, hingga saat ini KPK belum memastikan langkahnya apakah akan menyidik kasus suap yang diduga melibatkan pejabat di jajaran Departemen Pertanian dan Kementerian Negara Lingkungan Hidup itu.

Tags: