Memulai Karier Sebagai HRD Legal
Terbaru

Memulai Karier Sebagai HRD Legal

Posisi HRD saat ini terbuka bagi lulusan hukum yang dapat membantu atau menjadi partner yang dibutuhkan oleh lulusan Psikologi dalam penyusunan aspek hukum yang timbul dalam bidang kerja di dalam perusahaan dengan regulasi hukum yang berlaku.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Memulai Karier Sebagai HRD Legal
Hukumonline

Human Resource Development (HRD) atau pengembangan sumber daya manusia di sebuah perusahaan merupakan orang yang bertanggung jawab atas urusan legalitas karyawan yang di dalamnya termasuk pemenuhan hak pekerja. Sedangkan HRD Legal meliputi dua bidang pekerjaan yang berhubungan dengan personalia dan legal officer.

Pekerjaan sebagai HRD erat kaitannya dengan lulusan Psikologi. Lulusan Psikologi dinilai memiliki kemampuan dan keahlian mumpuni untuk membidangi pekerjaan yang menjadi cakupan pekerjaan HRD.

Namun, kini HRD juga terbuka bagi lulusan hukum untuk menjadi partner yang dibutuhkan oleh lulusan Psikologi dalam penyusunan aspek hukum yang timbul dalam bidang kerja HRD perusahaan dengan regulasi hukum yang berlaku.

HRD Legal biasanya memiliki tanggung jawab dalam menyusun peraturan dan tata tertib kerja, penyusunan Standard Operating Procedure (SOP) perusahaan, dan menjadi garda terdepan dalam penyelesaian permasalahan hukum perusahaan.

Baca Juga:

Hal yang menjadi pembeda antara HRD lulusan Hukum dengan HRD lulusan Psikologi atau HRD lulusan Manajemen adalah hanya background pendidikan masing-masing. Seiring bertambahnya keperluan perusahaan, seorang HRD tidak hanya bekerja pada keterampilan hukum, manajemen, atau psikologi saja.

Baca juga artikel terkait seputar mahasiswa hukum dan profesi, silakan klik artikel Klinik berikut ini: Cara Menghitung Pembebasan Bersyarat bagi Narapidana

Seorang HRD harus mampu menyiapkan kebutuhan perkembangan dan keperluan perusahaan serta mampu menguasai hal-hal yang tidak hanya berhubungan dengan hukum, manajemen, dan psikologi.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait