Mengenal Lebih Dekat ILUMNI FH Universitas Katolik Parahyangan
Terbaru

Mengenal Lebih Dekat ILUMNI FH Universitas Katolik Parahyangan

Berdiri sejak 2001, masa kepengurusan Ketua Umum ke-6 ini terdapat sejumlah kegiatan yang telah dijalankan. Mulai dari penyelenggaraan vaksin sampai kuliah umum. Terdapat pula 3 unit kegiatan yakni LBH ILUMNI, Parahyangan Legal Academy, dan Karya Dharma Alumni.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 2 Menit
Ketua Umum ILUMNI FH Unpar Samuel MP. Hutabarat. Foto: Istimewa
Ketua Umum ILUMNI FH Unpar Samuel MP. Hutabarat. Foto: Istimewa

Ikatan Ilumni Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (ILUMNI FH Unpar) merupakan wadah untuk berkumpul, bersilaturahmi, dan berjejaring bagi paraalumni Fakultas Hukum Universitas Katolik Parahyangan (FH Unpar). Dibentuk sejak tahun 2001, eksistensi ILUMNI menjadi mitra Fakultas Hukum mewujudkan tujuan bersama menjadi keluarga besar civitas Unpar.

“ILUMNI FH Unpar itu suatu tempat perkumpulan dari seluruh alumni FH Unpar, yang jelas sekarang ini periodenya 2021-2025. Kepengurusan kita sekarang ini dibentuk meneruskan dari periode lalu. Karena kurang lebih ada sekitar 5 ketua ILUNI sebelumnya, saya ketua umum yang keenam,” ujar Ketua Umum ILUMNI FH Unpar Samuel MP. Hutabarat ketika dihubungi Hukumonline, Kamis (14/4/2022).

Samuel mengatakan kepengurusan ILUMNI FH Unpar Periode 2021-2025 ini ada beberapa program kegiatan yang disusun dan sudah dijalankan. Diantara kegiatan yang telah dijalankan itu adalah digelarnya vaksin, booster, kerja sama pengadaan vaksin di Yogyakarta dengan alumni Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Terdapat juga kuliah umum, kerja sama magang dengan sejumlah kantor alumni, hingga olahraga bersama secara rutin.

Baca:

Selain program yang dijalankan, juga terdapat 3 unit kegiatan. Program-program tersebut terdiri atas LBH ILUMNI, Parahyangan Legal Academy, dan Karya Dharma Alumni. Khusus Parahyangan Legal Academy merupakan kegiatan yang menjembatani mahasiswa hukum aktif Unpar yang baru menyelesaikan yudisium atau mahasiswa tingkat akhir sebagai bekal sebelum terjun ke dalam dunia kerja.

Sedangkan, Karya Dharma Alumni merupakan semacam fundraising yang digalakkan bagi mahasiswa hukum aktif yang kurang beruntung dari sisi ekonomi. Melalui program ini jajaran alumni membantu pembiayaan kuliah mereka.

Untuk struktur kepengurusan, Samuel menjelaskan terdapat Ketua Umum dengan empat wakil. Terdapat pula posisi Ketua Harian, Sekretaris Jenderal yang dibantu 4 Wakil Sekretaris Jenderal, Bendahara Umum beserta 4 wakilnya. Kemudian terdapat 8 bidang di dalam tubuh ILUMNI FH Unpar, 1 bidang diantaranya merupakan bidang baru yakni Bidang Ekonomi Kreatif dan UMKM.

Tags:

Berita Terkait