Mengintip Sejumlah Aturan dalam Penyusunan Revisi UU Desa
Terbaru

Mengintip Sejumlah Aturan dalam Penyusunan Revisi UU Desa

Revisi UU Desa untuk keberpihakan pemerintah kepada desa, serta mampu menata agar desa menjadi mandiri sesuai arah pembangunan desa berkelanjutan.

Oleh:
Rofiq Hidayat
Bacaan 2 Menit
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar saat rapat kerja dengan Komite I DPD di Komplek Gedung Parlemen, Senin (13/11/2023). Foto: Humas DPD
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar saat rapat kerja dengan Komite I DPD di Komplek Gedung Parlemen, Senin (13/11/2023). Foto: Humas DPD

Sejumlah kalangan mendorong agar nasib revisi UU No.6 Tahun 2014 tentang Desa dapat diperjelas dengan memasukannya dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) prioritas. Tanpa ada dalam daftar Prolegnas prioritas, nasib revisi UU 6/2014 tak ada kejelasan. Desa sedianya menjadi ujung tombak kemajuan masyarakat di daerah. Oleh karenanya, peningkatan kesejahteraan masyarakat desa melalui revisi UU 6/2014 perlu dipertegas dengan tak hanya mengatur masa jabatan kepala desa semata.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar, mengatakan sejumlah pokok usulan dalam revisi UU 6/2014. Antara lain masa jabatan kepala desa yang sempat ramai terjadi aksi demonstrasi para aparatur perangkat desa ke Gedung DPR beberapa waktu lalu.

Menurutnya masa jabatan kepala desa agar ditegaskan urusan bidang pembangunan desa. Seperti perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Kemudian  kepala desa diberi ruang kewenangan secara wajar untuk menilai kinerja perangkat desa dan melakukan evaluasi Rancangan Peraturan Desa (Raperdes) Anggaran Pendapatan Belanja (APB) Desa sesuai kondisi objektif desa.

“Revisi ini untuk keberpihakan pemerintah kepada desa, juga mampu menata agar desa menjadi mandiri sesuai arah pembangunan desa berkelanjutan,” ujarnya saat rapat kerja dengan Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Komplek Gedung Parlemen, Senin (13/11/2023).

Baca juga:

Dia melanjutkan, poin revisi lainnya yang diusulkan terkait agar disusunnya platform pembangunan desa, dan pembangunan kawasan perdesaan. Serta sistem informasi desa dan kawasan perdesaan, agar dapat diatur lebih lanjut dalam Peraturan Pemerintah. Pemerintah, kata Abdul Halim, menginginkan desa memiliki dan mencapai kemandirian.

“Kata kuncinya adalah pembangunan dan pemberdayaan,” imbuhnya.

Ketua Komite I  DPD, Fachrul Razi menambahkan lembaga tempatnya bernaung mendorong agar revisi UU 6/2014 dapat segera diproses dan disahkan menjadi UU. Setidaknya Fachrul Razi mendorong agar adanya pengaturan peningkatan dana desa yang bersumber dari APBN. Dengan begitu, desa dapat menerima dana desa menjadi Rp5 miliar sampai dengan Rp10 miliar.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait