Munas PERADI di Pekanbaru Juga Tertunda
Berita

Munas PERADI di Pekanbaru Juga Tertunda

Ada desas-desus bahwa Munas berlangsung secara ‘underground’ dengan sistem dropbox yang dikelola oleh DPC-DPC PERADI.

Ali
Bacaan 2 Menit
Suasana penjagaan Munas PERADI Pekanbaru, Riau, Jumat (12/6). Foto: RES
Suasana penjagaan Munas PERADI Pekanbaru, Riau, Jumat (12/6). Foto: RES

Sejatinya Musyawarah Nasional Perhimpunan Advokat Indonesia (Munas PERADI) II lanjutan di Pekanbaru akan dimulai pukul 19.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) pada Jumat (12/6). Namun, hingga tengah malam waktu setempat, area Ballroom Hotel Labersa tempat acara Munas berlangsung belum juga dibuka.

Berdasarkan pantauan hukumonline, para peserta masih “tertahan” di restauran usai makan malam. Sebagian peserta terlihat bernyanyi sambil menunggu pengumuman Munas lanjutan dimulai. Sebagian lainnya hanya duduk-duduk dan kemudian terlihat resah menunggu Munas segera berlangsung. Hingga akhirnya, mereka meninggalkan ruang makan itu satu per satu.

Usut punya usut, panitia Munas belum berani membuka perhelatan karena di lokasi hotel telah diisi sekelompok orang yang ingin agar Munas Pekanbaru tidak diteruskan. Mereka adalah sekelompok orang yang sama yang telah “ricuh” pada pagi dan sore hari sebagaimana diberitakan sebelumnya.

Wakil Sekretaris Organizing Committee (OC) Munas Pekanbaru, Rivai Kusumanegara sempat mengatakan Munas akan terus berlangsung, walau rekomendasi dari Kepolisian Daerah (Polda) Riau dicabut. Namun, dengan semakin sedikitnya petugas Kepolisian yang berjaga di hotel, rupanya membuat panitia berpikir ulang.

Hingga Jumat tengah malam, belum ada juga tanda-tanda “kehidupan” di Ballroom hotel. Para panitia yang berseliweran pun tak ada yang berani memberikan konfirmasi tentang bagaimana nasib Munas. Sebagian dari panitia menuturkan bahwa mereka masih mengupayakan Munas lanjutan tetap berjalan.

Humas Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PERADI, Joko akhirnya mengabarkan bahwa pada Sabtu (13/6) pukul 10.00 WIB, pihak DPN PERADI akan menggelar konferensi pers. “Besok jam 10, Ketua Umum DPN PERADI Otto Hasibuan akan menjelaskan semua ini,” ujarnya di Pekanbaru, Jumat tengah malam.

Meski tak ada kegiatan Munas di Ballroom hotel sesuai dengan jadwal, tetapi di area Munas terdapat desas-desus bahwa sebenarnya Munas sudah berlangsung, terutama salah satu agendanya yang memilih Ketua Umum DPN PERADI 2015-2020. Hanya, cara pemilihannya berlangsung ‘underground’ atau secara tertutup.

Tags:

Berita Terkait