Terbaru

Penyebab Good Corporate Governance Tidak Berjalan dalam Perusahaan

Perlu adanya dukungan dari pihak regulator untuk membuat suatu payung hukum dalam penerapan GCG untuk mengarahkan dan mengelola bisnis.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 3 Menit
Penyebab Good Corporate Governance Tidak Berjalan dalam Perusahaan
Hukumonline

Good Corporate Governance (GCG) telah hadir sejak lama yang kembali digunakan dengan pendekatan baru. GCG hadir sesuai dengan perkembangan sosial dan masyarakat, khususnya yang berhubungan dengan kemajuan praktik bisnis.

Konsep GCG sangat dinamis dan akomodatif terhadap berbagai perubahan yang bertujuan untuk menjaga agar perubahan tersebut tidak mengganggu keseimbangan sistem yang telah ada sebelumnya.

Ada dua hal yang menjadi konsep dalam GCG yaitu pentingnya hak pemegang saham untuk memperoleh informasi dengan benar, akurat, dan tepat waktu, lalu yang kedua adalah kewajiban perusahaan untuk melakukan pengungkapan secara akurat, tepat waktu, dan transparan terhadap informasi kinerja perusahaan, kepemilikan, dan stakeholder.

Baca Juga:

GCG erat kaitannya dengan aspek hukum. Perusahaan yang dikelola dengan baik adalah perusahaan yang memiliki strategic plan jangka panjang dan untuk itu perlu memperhatikan berbagai kepentingan pihak terkait.

Penerapan prinsip GCG di Indonesia, dipengaruhi oleh faktor budaya dan historis. Kedua aspek prinsip tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan saling berkaitan erat satu sama lain.

Faktor tersebut memberikan kendala bagi pemerintah dalam memberlakukan dan menerapkan berbagai kebijakannya. Kemajemukan dan kompleksitas masyarakat menjadi penunjang faktor sulitnya dalam upaya menciptakan konsep manajemen pengelolaan yang baik.

Tags:

Berita Terkait