Pesan Dekan FH Universitas Jember Saat Pelantikan Pengurus HMB-UKM 2022
Terbaru

Pesan Dekan FH Universitas Jember Saat Pelantikan Pengurus HMB-UKM 2022

“Saya berharap seluruh pengurus dilantik langsung dapat bekerja, berinovasi, dan berprestasi.”

Oleh:
Rofiq Hidayat
Bacaan 2 Menit
Dekan FH Universitas Jember Bayu Dwi Anggono saat pelantikan pengurus UKM dan HMB Periode 2022, Kamis (3/2/2022).
Dekan FH Universitas Jember Bayu Dwi Anggono saat pelantikan pengurus UKM dan HMB Periode 2022, Kamis (3/2/2022).

“Pada hari ini saya kukuhkan kepengurusan 10 Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan 3 Himpunan Mahasiswa Bagian (HMB) di lingkungan Fakultas Hukum (FH) Universitas Jember periode Tahun 2022,” ucap Dekan Fakultas Hukum (FH) Universitas Jember Bayu Dwi Anggono saat pelantikan sejumlah UKM dan HMB Periode 2022 di FH Universitas Jember, Jawa Timur, Kamis (3/2/2022).

Dia berharap kepengurusan UKM dan HMB di lingkungan FH Universitas Jember dapat mencapai sesuai slogan yang diusung yakni menjadikan FH Universitas Jember unggul, berprestasi berdasarkan ilmu, amal dan integritas. Kesepuluh UKM tersebut adalah Paduan Suara Mahasiswa (PSM), Forum Kajian dan Keilmuan Hukum (FK2H),  

Kemudian Asian Law Students Association (ALSA), Jantung Teater (Janter), Gymnastic. Selanjutnya Akasia, Bahana Justitia, Studi Islam Berkala (SIB), Lembaga Ilmiah (LI), dan Imparsial sebagai Pers Mahasiswa FH Universitas Jember. Sementara terdapat 3 HMB yakni HMB Hukum Perdata, Hukum Pidana, dan Hukum Tata Negara.  

Bayu berpesan agar kepengurusan periode 2022 UKM dan HMB dapat melaksanakan berbagai tugas keorganisasian dengan penuh tanggung jawab. Namun begitu, pengurus dan anggota UKM atau HMB harus tetap menuntut studi secara maksimal. Mahasiswa saat menuntut ilmu sambil melaksanakan kegiatan organisasi kemahasiswaan memiliki banyak manfaat saat memasuki dunia kerja. “Karena akhir dari proses pembelajaran, kita akan menjadi insan-insan yang siap berkompetisi di dunia kerja,” ujarnya.

Dia yakin kepengurusan UKM dan HMB periode 2022 siap melanjutkan program kepengurusan sebelumnya melalui kerja sama tim. Dia mengingatkan mengurus organisasi bakal menghadapi banyak tantangan, sehingga sikap responsif dan solutif sangat dibutuhkan dalam mengatasi masalah organisasi. Manajemen waktu bagi pengurus organisasi juga penting untuk menyeimbangkan antara tanggung jawab pribadi kepada orang tua dan organisasi. 

“Bagian lain yang perlu dikuasai pengurus organisasi soal pengelolaan manajerial keuangan. Pengurus harus dapat mempertanggungjawabkan keuangan yang didapat organisasi dari fakultas atau sumber lainnya,” ujarnya.

Menurut mantan Direktur Pusat Pengkajian Pancasila dan Konstitusi (Puskapsi) ini UKM dan HMB dapat dikatakan kawah candradimuka FH Universitas Jember, menjadi tempat menempa diri agar memiliki karakter kuat, terlatih, dan tangkas dalam melakukan aktivitasnya. “Karena itu, gunakan dan manfaatkan momentum ini secara maksimal. Saya berharap seluruh pengurus dilantik langsung dapat bekerja, berinovasi, dan berprestasi.”

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait