Profesi In House Counsel dalam Praktik Hukum
Terbaru

Profesi In House Counsel dalam Praktik Hukum

Seorang in house counsel berperan sebagai penasehat hukum bagi perusahaan dalam menjalankan kegiatan perusahaan sehari-hari.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
Profesi In House Counsel dalam Praktik Hukum
Hukumonline

In house counsel adalah sebuah profesi hukum yang mana seseorang berperan sebagai penasehat hukum di suatu perusahaan dalam menjalankan usaha maupun kegiatan operasional perusahaan sehari-hari.

Profesi ini juga disebut sebagai supporting function yang perannya sangat krusial di dalam sebuah perusahaan.

Seorang in house counsel harus memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap hukum dan peraturan terkait pelaksanaan kegiatan usaha serta memiliki kemampuan berpikir kritis dan berpikir analitis yang kuat.

Baca Juga:

Peran In House Counsel

Seorang in house counsel berperan sebagai penasehat hukum bagi perusahaan dalam menjalankan kegiatan perusahaan sehari-hari. In house counsel juga turut berperan aktif untuk melindungi perusahaan dari risiko hukum yang dapat merugikan perusahaan dan pemangku kepentingan, termasuk melindungi dari pelanggaran yang menggunakan jasa yang ditawarkan perusahaan.

Jenis Pekerjaan In House Counsel

Tugas seorang in house counsel meliputi hal-hal terkait operasional perusahaan, di antaranya:

1. Secure legal, yang terkait dengan perjanjian perusahaan. In house counsel bertanggungjawab menjaga kepentingan legal perusahaan, mulai dari pengelolaan corporate, Anggaran Dasar hingga perizinan.

2. Cross-departement, yang dilakukan untuk menjalin kerjasama dengan departemen bidang finance, human resource, atau departemen lain yang saling berkaitan.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait