Sejumlah Firma Hukum Buka Kesempatan Written Test di DOLC 2024
Utama

Sejumlah Firma Hukum Buka Kesempatan Written Test di DOLC 2024

Umumnya para peserta telah mendaftarkan diri terlebih dahulu dan bisa mengikuti tes tertulis bila berhasil masuk dalam list kandidat terpilih. Menariknya, firma-firma hukum ini menerima ratusan pendaftar yang kemudian disortir menjadi 40-an peserta tes tertulis.

Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Para pendaftar diberi penjelasan saat mengikuti tes tertulis di sebuah stand Siregar Setiawan Manalu Partnership (SSMP). Foto: FKF
Para pendaftar diberi penjelasan saat mengikuti tes tertulis di sebuah stand Siregar Setiawan Manalu Partnership (SSMP). Foto: FKF

Days of Law Career (DOLC) merupakan job fair hukum yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (BEM FH UI). Acara ini berlangsung selama tiga hari pada 15-17 Februari 2024 di Kuningan City Ballroom. Mengusung tema “A Prominent Path to Boundless Possibilities”, seluruh peserta yang hadir ke venue dapat menyambangi 38 stand penyedia lapangan kerja. 

Para peserta berkesempatan untuk berbincang langsung dengan kalangan lawyers hingga mengikuti tes tertulis di tempat. Di antara firma hukum yang membuka kesempatan untuk tes tertulis di DOLC ialah Nurjadin Sumono Mulyadi & Partners (NSMP), Siregar Setiawan Manalu Partnership (SSMP), Rifdaan Novarazka & Prabowo, dan Ariyanto Arnaldo Legal (AALF) & Tax Consultants. Menariknya, firma-firma hukum ini telah mengantongi ratusan pendaftar yang kemudian disortir menjadi 40-an peserta tes tertulis di DOLC.

“Soal-soal (tes tertulis) itu tricky. Jadi baca baik-baik soalnya sebelum menjawab, jangan terburu-buru! Karena nanti yang kita lihat itu kualitas jawabannya. Pastikan membaca soal dengan benar. Kedua, itu wajib dalam bahasa Inggris, jadi jawablah dengan bahasa Inggris yang plain English saja. Tidak usah berbelit-belit, straight to the point,” ujar Bobby R. Manalu yang merupakan Founding Partner SSMP ketika dijumpai Hukumonline pada stand SSMP di DOLC 2024, Jum’at (16/2/2024).

Baca Juga:

Untuk tes tertulis bagi para kandidat pelamar magang (internship) bersifat open book, sehingga Bobby berpesan agar para kandidat mengerjakan study case yang diberikan dengan seksama. “Open book, open internet, terserah. Jadi (yang dinilai) logika sama penalarannya itu. Kalau lulus tes pasti akan dipanggil, kita tidak ada favoritism dari kampus mana atau IPK-nya berapa kita tidak lihat itu. Memang quality jawaban saja (yang dinilai, red), makanya hati-hati membacanya,” kata dia.

Managing Partner Rifdaan Novarazka & Prabowo, Randy Rifdaan saat ditemui Hukumonline di stand firma hukumnya di DOLC, menuturkan tes tertulis yang diselenggarakan memuat materi terkait legal corporate dan litigasi. Senada dengan Bobby, Randy menggarisbawahi aspek yang akan amat dinilai nantinya adalah logika dan penalaran hukum para kandidat.

Hukumonline.com

Para pendaftar saat akan menjalani tes tertulis di stand Rifdaan Novarazka & Prabowo.  

“Kita menguji mahasiswa hukum yang baru lulus (fresh graduate), jadi tidak mungkin sudah terlalu canggih (soalnya) secara teknik hukumnya. Justru yang kita lihat adalah logic dan problem solving-nya seperti apa. Nanti tesnya pun open book. Bisa pelajari dari sekarang pengetahuan umum (seputar hukum), misalnya KUHPerdata itu penting sekali. Tambahan dari saya, setelah acara DOLC ini kita juga ada workshop di kantor kita untuk mengenalkan firma lebih jauh, peserta bisa ikuti,” kata Randy.

Halaman Selanjutnya:
Tags:

Berita Terkait