7 Prospek Kerja Lulusan Hukum Tata Negara
Terbaru

7 Prospek Kerja Lulusan Hukum Tata Negara

Daftar peluang dan prospek kerja lulusan hukum tata negara.

Oleh:
Willa Wahyuni
Bacaan 2 Menit
7 Prospek Kerja Lulusan Hukum Tata Negara
Hukumonline

Hukum tata negara merupakan hukum hubungan tertentu yang muncul dalam perjalanan sejarah yang diatur oleh hukum yang disebut negara. Ilmu ini membahas mengenai tatanan struktur kenegaraan, mekanisme hubungan antar struktur organ kenegaraan serta mekanisme hubungan antara struktur negara dengan warga negara.

Sumber hukum tata negara datang dari undang-undang dasar dan peraturan perundang-undangan tertulis, yurisprudensi peradilan, konvensi ketatanegaraan, hukum internasional tertentu, dan doktrin ilmu hukum tata negara tertentu.

Baca Juga:

Lulusan hukum tata negara merupakan lulusan yang berbeda dari jurusan lain karena lebih spesifik dibandingkan dengan jurusan ilmu hukum. Berikut 7 prospek kerja lulusan hukum tata negara:

1. Hakim Peradilan

Opsi terbaik lulusan hukum tata negara salah satunya adalah menjadi hakim peradilan. Profesi ini dapat menangani berbagai macam kasus mulai dari yang biasa hingga kasus besar yang melibatkan banyak pihak.

Tugas utama dari hakim peradilan adalah menerima, memeriksa, dan mengadili serta menyelesaikan semua perkara yang diajukan ke hakim. Dalam kasus perdata, hakim peradilan membantu pihak yang berusaha keras mengatasi berbagai hambatan dan rintangan supaya terciptanya keadilan.

2. Analis Hukum

Analis hukum memiliki tugas utama menganalisis dan mengevaluasi di bidang peraturan perundang-undangan dan hukum tidak tertulis. Selain itu, profesi ini mengharuskan untuk menganalisis pembentukan peraturan perundang-undangan, persoalan hukum, dan pekerjaan yang bersinggungan dengan hukum. 

3. Legal Officer

Setiap perusahaan membutuhkan jasa seorang legal officer dalam membuat surat kerja seperti surat kontrak, aset, serta dokumen yang berhubungan dengan hukum. Legal officer bekerja sama dengan perusahaan dengan durasi tertentu, sehingga profesi ini dapat memiliki beberapa klien di perusahaan yang berbeda.

Tags:

Berita Terkait