Terpilih Aklamasi, Octolin H Hutagalung Kembali Pimpin DPC Peradi Jaksel
Terbaru

Terpilih Aklamasi, Octolin H Hutagalung Kembali Pimpin DPC Peradi Jaksel

Terpilihya Ketua DPC Peradi Jaksel Periode 2023-2028, Octolin telah menetapkan sejumlah program. Salah satunya akan melakukan banyak pendidikan dan pelatihan terkait spesialisasi lain bagi advokat. Namun, DPN Peradi menganggap hasil Muscab DPC Peradi Jaksel tidak sah.

Oleh:
Ferinda K Fachri
Bacaan 3 Menit
Octolin H. Hutagalung memberi sambutan usai terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPC Peradi Jaksel Periode 2023-2028 di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Senin (29/5/2023). Foto: Istimewa
Octolin H. Hutagalung memberi sambutan usai terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPC Peradi Jaksel Periode 2023-2028 di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Senin (29/5/2023). Foto: Istimewa

Musyawarah Cabang Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Advokat Indonesia Jakarta Selatan Tahun 2023 (Muscab DPC Peradi Jaksel) baru saja usai digelar dengan mengusung tema “Mewujudkan Organisasi Advokat yang Berintegritas, Taat Asas, dan Bermanfaat”. Muscab yang sempat diwarnai kericuhan ini akhirnya sukses menggelar penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Pengurus DPC Periode 2018-2023 hingga Pemilihan Ketua DPC Peradi Jaksel Periode 2023-2028.  

Alhasil, Muscab yang dihadiri ratusan anggota DPC Peradi Jaksel kembali memilih Octolin H Hutagalung sebagai Ketua DPC Peradi Jaksel Periode 2023-2028 secara aklamasi. “Saya memaknai ini sebagai dinamika organisasi. Tetapi ada suatu hal yang harus kita ingat bahwa Peradi ini adalah organisasi profesi, bukan ormas atau okb, kita harus pilah. Saya selalu mengatakan begitu,” ujar Octolin H. Hutagalung saat dihubungi Hukumonline melalui sambungan telepon, Senin (29/5/2023) malam.

Baca Juga:

Ia menekankan pentingnya sikap konsisten dan komit dengan Peradi sebagai organisasi profesi. “Ada satu hal yang perlu kita ingat sebagai advokat, officium nobile (profesi mulia). Kalau kita hanya manis di bibir tentang officium nobile, kemudian mempraktikkannya seperti okb atau ormas, maka sia-sia kita mendirikan Peradi sebagai organisasi profesi,” kata dia.

Hukumonline.com

Octolin H. Hutagalung (tengah) saat gelaran Muscab DPC Peradi Jaksel. 

Untuk itu, pada periode berikutnya, Octolin menetapkan sejumlah rencana program. Salah satunya melakukan banyak pendidikan dan pelatihan terkait spesialisasi lain bagi advokat dalam bentuk pembekalan dan workshop bagi anggota. Ia berharap anggota DPC Peradi Jaksel harus selangkah lebih maju dari anggota Peradi lain.

“Kalau semua maju, cara berpikirnya juga maju. Itu kan substansinya di situ. Ini bukan persoalan menjadi advokat itu menjadi kaya, bukan itu. Menjadi advokat itu menjadi pintar dengan mempunyai keahlian khusus. Itu harapan kita dan akan saya lakukan ke depan,” terangnya.

Ketua Organizing Committee (OC) Muscab DPC Peradi Jaksel Violen Helen Marpaung-Pirsouw menerangkan sebelum Octolin terpilih secara aklamasi, ada 4 bakal calon ketua DPC Peradi Jaksel yang 2 diantaranya tidak memenuhi ketentuan. Sedangkan 1 calon lainnya mengundurkan diri.

Tags:

Berita Terkait