Aktual

Program MP3EI Terhambat Kepastian Lahan

Oleh:
ANT
Bacaan 2 Menit
Program MP3EI Terhambat Kepastian Lahan
Program MP3EI Terhambat Kepastian Lahan

Masalah lahan yang tumpang tindih dan penyelesaian berlarut-larut karena tidak ada kepastian tata ruang menyebabkan program Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia mengalami perlambatan, kata seorang legislator.

"Terdapat sejumlah hal yang tidak sesuai harapan sehingga program MP3EI alami perlembatan," kata Anggota Komisi Keuangan dan Perbankan DPR Arif Budimanta dalam pesan singkat yang diterima di Jakarta, Rabu(4/9).

Dikatakannya, perlambatan program Master Plan Percepatan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) juga dialami soal izin yang diperlukan terlalu banyak dan memerlukan birokrasi yang panjang serta berbelit-belit.

Juga kepastian pembiayaan mengingat dengan proses pelemahan ekonomi dunia dan defisit neraca pembayaran Indonesia membuat investor berfikir ulang untuk menanamkan modalnya.

"Pada dasarnya MP3EI telah gagal sejak awal karena program-programnya tidak terintegrasi dengan rencana pembangunan jangka menengah maupun rencana pembangunan jangka panjang. Kita tentunya tidak berharap jargon percepatan dalam MP3EI akhirnya berubah menjadi perlambatan," katanya.

Dia mengusulkan ada baiknya pemerintah sungguh-sungguh mengevaluasi soal ini dengan memutus dan menyelesaikan segala persoalan yang menjadi faktor penghambat jalannya program dengan para pemangku kepentingan.