Cabut Permohonan Lagi, Polri Sebut Pihak BW Suudzon
Berita

Cabut Permohonan Lagi, Polri Sebut Pihak BW Suudzon

Ini kedua kalinya, pihak BW mencabut permohonan.

HAG
Bacaan 2 Menit
Wakil Ketua KPK nonaktif Bambang Widjojanto. Foto: RES
Wakil Ketua KPK nonaktif Bambang Widjojanto. Foto: RES

Wakil Ketua KPK nonaktif, Bambang Widjojanto (BW) mencabut permohonan praperadilan terhadap Polri dan Kejaksaan Agung terkait sah atau tidaknya penangkapan dan penetapan tersangka atas dirinya. Pencabutan permohonan itu terungkap dalam persidangan, Senin (15/6), di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Alasan pencabutan adalah karena belum ada aturan hukum yang jelas mengenai praperadilan atas penetapan tersangka. Pihak BW juga khawatir pemeriksaan praperadilan menjadi ajang pemeriksaan fakta dan early judgement (penilaian dini, red) yang merugikan kepentingan BW.

"Ada satu dan lain hal yang menyebabkan kami memutuskan untuk mencabut permohonan praperadilan tersebut Yang Mulia," ujar Abdul Fickar Hadjar saat persidangan yang dipimpin Hakim tunggal, Made Sutrisna.

Pencabutan permohonan ini langsung dikabulkan oleh hakim. Menurut Made Sutisna, pencabutan permohonan adalah hak dari pemohon. Made Sutisna sempat meminta pihak BW untuk menjelaskan alasan pencabutan agar pihak Polri dan Kejagung selaku para termohon mengetahuinya.

Fickar mengatakan, pihaknya telah membuat pernyataan tertulis tentang alasan pencabutan permohonan. "Alasannya kami sampaikan secara tertulis Yang Mulia," katanya sambil menuju meja hakim dan menyerahkan selembar surat.

Made Sutisna kemudian memanggil perwakilan tim kuasa hukum dari Polri dan Kejasaan Agung. "Mungkin dari kuasa hukum termohon bisa memeriksanya. Jadi dalam daftar kami di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, ini perkara sudah tiga kali ya dicabut, satu dari LSM. Karena ini adalah hak dari pemohon, maka Pengadilan Negeri mengabulkan pencabutan permohonan ini," katanya. 

Seusai persidangan, Fickar menjelaskan keputusan pencabutan permohonan dilakukan setelah tim kuasa hukum mengamati proses persidangan praperadilan Novel Baswedan, Komjen Pol Budi Gunawan, eks Wali Kota Makassar Ilham Arief Siradjuddin, dan eks Ketua BPK Poernomo. Dari kasus-kasus tersebut, Fickar melihat ada sesuatu di luar nalar atau logika hukum, menyimpang dan tidak lagi berdasar.

Tags:

Berita Terkait