Pojok MPR-RI

Wakil Ketua MPR: Waspadai Upaya Perusak Moral Generasi Muda

Pemahaman Pancasila yang baik bakal dapat membangkitkan karakter generasi muda bangsa yang kuat. Sehingga tidak mungkin bisa tergoyahkan.
Oleh:
RED
Bacaan 2 Menit
Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Oedang dalam orasinya di  acara  'Arahan Nasional: Peran Pemuda Milenial Dalam Merawat Empat Pilar Kebangsaan' Provinsi Riau, Selasa (14/8). Foto: Humas MPR
Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Oedang dalam orasinya di acara 'Arahan Nasional: Peran Pemuda Milenial Dalam Merawat Empat Pilar Kebangsaan' Provinsi Riau, Selasa (14/8). Foto: Humas MPR

Generasi muda mesti waspada terhadap berbagai upaya perusak moral. Khususnya terhadap generasi muda, sebagai penerus bangsa. Salah satu perusak generasi muda yakni melalui gencarnya peredaran narkoba. Demikian disampaikan Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang dalam orasinya di acara  'Arahan Nasional: Peran Pemuda Milenial Dalam Merawat Empat Pilar Kebangsaan', Selasa (14/8).

 

Acara yang digelar DPW LIRA Riau, di aula Rusli Zainal Dinas PU Provinsi Riau itu dihadiri  300 lebih peserta para pelajar dan mahasiswa se- Provinsi Riau. “Saat ini bangsa Indonesia terutama generasi muda harus waspada terhadap berbagai upaya perusak moral generasi muda bangsa antara lain melalui narkoba. Jika moral generasi muda Indonesia rusak. Maka akan sulit sekali bangsa ini bangkit menuju kemajuan bangsa,” ujarnya.

 

Pria biasa disapa Oso itu berpandangan perlunya tindakan dalam rangka membentengi generasi muda dari berbagai upaya penghancuran modal. Yakni melalui peningkatan pemahaman  akan nilai-nilai luhur bangsa yakni Pancasila.  Menurutnya, pemahaman Pancasila yang baik bakal dapat membangkitkan karakter generasi muda bangsa yang kuat. Sehingga tidak mungkin bisa tergoyahkan.

 

Karena itulah Oso menilai betapa pentinya sosialisasi empat pilar MPR yang digelar ke berbagai daerah. Pun pula ke berbagai elemen masyarakat termasuk kepada generasi muda.  Harapannya, generasi mudah pun benar-benar dapat memahami dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

 

“Kalau tidak, maka akan percuma saja sosialisasi empat pilar," katanya.

 

Lebih lanjut Ketua Umum Partai Hanura itu pun yakin bahwa generasi muda Indonesia yang  memahami Pancasila secara benar, tidak akan terpengaruh dengan berbagai godaan yang merusak moral. Oso mengakui kerap kali bertatap muka dengan generasi muda yang memiliki rasa semangat tinggi, bahkan saling akur antar sesama dan kompak.

 

“Itulah generasi milenial yang sesungguhnya. Artinya semangat dan kebersamaan itu harus dipelihara dan makin dipertajam dengan pembentukan karakter kebangsaan yang kuat," tandasnya.

 

Oso pun amat mengapresiasi dan menghargai serta mendukung elemen bangsa seperti LIRA yang mengadakan acara untuk generasi milineal yang bertujuan memperkuat wawasan kebangsaan generasi muda Indonesia.

Berita Terkait